Breaking News:

Kasus Kematian Covid-19 Tinggi, Permintaan Peti Jenazah Naik 1.000%

Meningkatnya kasus infeksi dan kematian covid-19 di Indonesia, membuat usaha pembuatan peti mati banjir pesanan.

Editor: Vito
TRIBUNJATENG/DINA INDRIANI
ilustrasi - Sejumlah pekerja sedang proses memproduksi peti jenazah di di Dusun Pagotan Desa Kalisalak Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Kamis (24/6/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Meningkatnya kasus infeksi dan kematian covid-19 di Indonesia, membuat usaha pembuatan peti mati banjir pesanan.

Hal itu seperti diungkapkan Aan, pembuat peti jenazah di kawasan Jakarta Timur. Pria asal Waringin Kurung, Kabupaten Serang itu menuturkan, peningkatan pesanan peti jenazah mencapai 1.000 persen.

Hal itu membuat Aan dan pekerjanya harus bekerja ekstra. "(Untuk memenuhi pesanan-Red) Kami bekerja hampir 24 jam," ujarnya, saat dihubungi Tribun, Selasa (6/7).

Aan mengaku setiap hari rata-rata ada pesanan 50-100 peti jenazah, dari sebelumnya permintaan hanya sekitar 5-10 unit.

Begitu selesai, Aan langsung mengirimkan pesanan. "Kalau tidak langsung dikirim, khawatir barang diambil sama yang lain," ucapnya.

Permintaan peti jenazah yang melonjak membuat harganya pun naik. Belum lagi harga bahan baku peti jenazah dari kayu petai cina yang mahal dan susah dicari.

"Harga peti jenazah yang tadinya paling rendah itu Rp 800.000, kini bisa mencapai Rp 2,5 juta," tutur Aan.

Sementara itu, perajin peti mati di Kota Tangerang banjir pesanan sampai membuat mereka kewalahan sejak 2 pekan terakhir ini.

Pantauan Tribun di sebuah pabrik pembuat peti mati kawasan Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, hiruk pikuk buruh membuat peti mati jadi pemandangan yang langsung terlihat begitu memasuki pintu gerbang.

Suara bising mesin pemotong kayu dan embusan serpihannya jadi hal yang wajar bagi buruh dan sopir truk yang membawa peti mati di sana.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved