Breaking News:

Universitas Ivet Semarang

Strategi Pembelajaran Mahasiswa Vokasi Fakultas Kemaritiman Universitas Ivet Semarang

Kondisi ini memaksa lembaga pendidikan berinovasi menciptakan metode-metode pembelajaran supaya materi tersampaikan meskipun condisi extra ordinary.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Zoom meeting Guest Lecturer dengan Narasumber konsultan vokasi Universitas Ivet Dr Totok Prasetya B.Eng, 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wabah Covid-19 sudah langsung 1 tahun lebih, sampai saat ini belum ada kepastian kapan akan berakhir.

Di sisi lain, proses pembelajaran harus berjalan terus tidak boleh berhenti.

Kondisi ini memaksa lembaga pendidikan berinovasi menciptakan metode-metode pembelajaran supaya materi tersampaikan dalam kondisi extraordinary.

Begitu pula dengan Universitas Ivet yang merupakan perguruan tinggi akademik, yang di dalamnya juga terdapat program studi vokasi, D3 Teknik Bangunan Kapal, Kelistrikan Kapal dan Permesinan Kapal.

Prodi Vokasi memiliki kurikulum 60% praktik sehingga dalam pembelajaran dapat dibilang memiliki kendala terbesar karena adanya pembatasan, kuliah daring, dosen WFH dan terbatasnya fasilitas jika praktik harus dilakukan di rumah masing-masing.

Universitas Ivet sebenarnya sudah melaksanakan Blended Learning sebelum masa pandemi, namun praktik tetap harus dilaksanakan di kampus untuk mempersiapkan mahasiswa benar2 dapal melakukan suatu pekerjaan.

Seperti yang disampaikan dalam Guest Lecturer dengan Narasumber konsultan vokasi Universitas Ivet Dr Totok Prasetya B.Eng.

Dia menyampaikan beberapa permasalahan pendidikan vokasi yaitu bagaimana praktikum yang merupakan aktivitas mengasah keterampilan dapat dilakukan secara daring.

Kemudian bagaimana learning outcome dapat tercapai jika dilakukan dalam kondisi tidak riil.

Selanjutnya bagaimana attitude dapat terbangun tanpa interaksi antara dosen dan mahasiswa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved