Breaking News:

Berita Video

Video Menilik Industri Genteng Sokka yang Melegenda di Kebumen

Beberapa perempuan tampak sibuk menyiapkan bahan genteng di tobong milik keluarga Nur Ali, Kebumen.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN -  Berikut ini video menilik industri genteng Sokka yang melegenda di Kebumen.

Beberapa perempuan tampak sibuk menyiapkan bahan genteng di tobong milik keluarga Nur Ali, warga Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan, Kebumen.

Tanah yang telah halus dan dibentuk kotak itu siap dicetak merupa genteng. Genteng setengah jadi itu  lantas dikeringkan di bawah terik matahari, hingga dibakar dengan tungku besar berbahan kayu bakar. 

Mereka dikejar waktu untuk merampungkan pembuatan ribuan genteng Morando atas pesanan seorang.  Nur Ali mengakui saat ini pesanan mulai berdatangan setelah sempat sepi. 

Seperti halnya perajin lain di desanya, ia melabeli produknya dengan nama Sokka. Hanya ia menambahi nama itu dengan merek sendiri, HMS. 

Cikal bakal kelahiran genteng Sokka Kebumen yang melegenda berasal dari daerah ini. Meski dalam perjalanannya, ia mengakui banyak pengrajin dari berbagai daerah yang ikut menggunakan nama Sokka untuk melabeli produk mereka. 

"Sokka itu nama stasiun di sini, " katanya, Rabu (7/7/2021) 

Ali merupakan generasi kedua yang mewarisi usaha kerajinan genteng dari ayahnya, Muslim. Dari beberapa orang yang mengawali usaha itu, muncul banyak perajin baru hingga kawasan itu berubah menjadi sentra genteng.  Hingga Genteng Sokka Kebumen dikenal masyarakat hingga sekarang. 

Produk genteng Sokka Kebumen dikenal  karena kualitasnya. Ali mengatakan, keunggulan genteng Kebumen dipengaruhi oleh kualitas tanah liat untuk bahan baku produk tersebut.  Di samping itu, tangan-tangan terampil para perajinnya turut menentukan.  Wajar, genteng Sokka diminati masyarakat berbagai daerah hingga mancanegara. 

"Saya pernah kirim genteng ke Filipina, " katanya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved