Breaking News:

Berita Banjarnegara

Ketika Kartini Menjelma Jadi Pande Besi di Banjarnegara, Tenaganya tak Mau Kalah dengan Lelaki

Seabad lebih sepeninggal RA Kartini, kini lahir sosok-sosok Kartini baru yang tangguh. 

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Kartini di tengah pekerja lelaki sedang memukul besi dengan paling bodem di Desa Binorong, Bawang, Banjarnegara 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Sosok pahlawan Indonesia, RA Kartini dikenal sebagai pejuang emansipasi. Ia adalah simbol kebangkitan perempuan pribumi untuk merdeka dari praktik diskriminasi yang tak adil bagi kaum hawa. 

Seabad lebih sepeninggal Kartini, kini lahir sosok-sosok Kartini baru yang tangguh. 

Suara dentang menggema dari sebuah rumah pande besi di Desa Binorong, Kecamatan Bawang, Banjarnegara. Kartini (63) bersama dua pekerja lelaki menumbuk besi yang telah dipanaskan. 

Meski perempuan, tenaganya seakan tak mau kalah dengan pekerja lelaki lain. Ia menarik napas saat mengangkat tinggi bodem di tangannya.

Matanya fokus mengincar ujung batang besi yang menjadi sasaran pukulannya. Ia memukulkan bodemnya ke arah besi yang masih menyala. 

Besi keras itu masih memerah usai dibakar dengan suhu tinggi. Dengan pukulan yang bertubi-tubi, Kartini dan teman kerjanya berhasil memipihkan besi tebal itu menjadi tipis dan tajam. 

Menjadi pande besi adalah pekerjaan berat karena butuh tenaga ekstra. Tiap hari pekerja harus memipihkan besi keras menjadi berbagai peralatan untuk dijual. 

Untuk menjadi pipih dan tajam, besi itu harus terus dipukul menggunakan bodem besi berkekuatan lebih.  Tak ayal pekerjaan berat itu identik dijalankan oleh lelaki yang lebih bertenaga.  Pun tidak sembarang lelaki yang mau melakoni pekerjaan berat itu. 

Tetapi Kartini membuktikan, profesi yang bisa dilakukan kaum pria, bisa juga dilakukan kaum hawa. Wanita itu sudah puluhan tahun menekuni pekerjaan sebagai pande besi bersama suaminya, Sukarjo. Ia biasa berperan sebagai tukang pukul. 

"Saya jadi tukang pukul. Mulai anak saya masih kecil sudah jadi pande besi, " katanya, Jumat (9/7/2021) 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved