Breaking News:

Berita Pendidikan

Unika Semarang Kembali Luncurkan Lima Buku Karya Mahasiswa

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata Semarang kembali meluncurkan buku karya para mahasiswa

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: muslimah
Humas Unika
peluncuran buku karya mahasiswa Unika yang dilakukan secara virtual. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata Semarang kembali meluncurkan buku karya para mahasiswa.

Peluncuran sebanyak lima buku dilakukan melalui ruang virtual zoom pada Selasa (6/7/2021).

Lima buku yang diluncurkan tersebut berjudul MIT APP Inventor, Sekilas Tentang Dunia Game, Kuliah Kok Daring?, The Digital Campus, dan Karya Kreatif Era Pandemi.

"Ini merupakan karya para mahasiswa yang 85 persen saat ini masih angkatan tahun pertama, namun sudah bisa menulis buku. Lima buku tersebut bisa diunduh melalui google playbook," kata dosen mata kuliah penulisan kreatif, Prof F Ridwan Sanjaya, dalam keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021).

Prof Ridwan Sanjaya menjelaskan, untuk tahun lalu sudah ada tiga buku yang diluncurkan. Tiga buku tersebut direspon dengan baik oleh pembaca.

Buku berjudul Sekilas Tentang Dunia Game berisi penggunaan engine untuk membuat game sederhana. Buku ini ditulis oleh lima mahasiswa yang empat diantaranya adalah mahasiswa konsentrasi game technology.

"Dalam buku ini pembaca bisa belajar banyak hal mengenai penggunaan engine seperti phaser, CryEngine V  yang biasa digunakan oleh para game developer untuk membuat game," kata perwakilan mahasiswa penulis buku, Adolf Patrick Lengkong.

Selain itu, pembaca juga dapat mendalami pengenalan tentang game engine unity  berikut kelebihan dan kekurangannya serta dasar dan peraturan coding dan contoh game sederhana yang dapat dimainkan anak-anak.

Dalam buku kedua berjudul Kuliah Kok Daring? yang ditulis 12 mahasiswa, berisi perihal kegiatan apa saja yang dijalani mahasiswa Unika mulai awal masuk sebagai mahasiswa baru hingga memasuki perkuliahan saat pandemi.

"Serta iptek apa yang sudah disediakan oleh kampus Unika untuk menunjang semua aktifitas kegiatan mahasiswa, baik yang bersifat akademis maupun non-akademis saat pandemi," kata perwakilan penulis, Albertus Prido Nathanael.

Dalam buku ini, pembaca dapat mengetahui banyak hal tentang fasilitas apa saja yang sudah disediakan secara online oleh Unika Soegijapranata untuk menunjang dan memberikan solusi ketika harus kuliah online.

Selanjutnya, buku The Digital Campus berisi rangkuman berbagai sistem digital yang dibangun Unika Soegijapranata. Sehingga, siapapun yang ingin mengetahui tentang berbagai fitur yang digunakan dan tersedia bisa diketahui melalui buku ini.

Pada buku berjudul Karya Kreatif Era Pandemi, Titus Theo Yoga Bagaskara, perwakilan tim penulis menuturkan bahwa yang melatar belakangi dirinya dan beberapa menulis buku itu adalah munculnya pandemi covid-19 yang menyebabkan masyarakat harus banyak berdiam diri di rumah sehingga dianggap kurang produktif.

"Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan di masa pandemi, dalam buku ini dikupas. Aktivitas apa saja yang bisa dipilih oleh pembaca untuk tetap bisa produktif walau harus berdiam di rumah. Misalnya, layanan sosial berbasis digital, UMKM berbasis online, konten kreatif, tips membuat dan memilih topik video kreatif," ucapnya.

Sementara, buku terakhir berjudul MIT App Inventor menjelaskan website yang memiliki jenis pemrogaman visual yang mudah dipahami. Dalam buku ini juga bisa dipelajari bagaimana membuat aplikasi.(mam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved