Breaking News:

Berita Banjarnegara

Polisi di Banjarnegara Dilatih Mengurus Jenazah Pasien Covid-19

Tim Pemulasaraan Jenazah Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara sempat melatih sejumlah anggota polres Satuan Sabhara Polres Banjarnegara dengan materi

Penulis: khoirul muzaki | Editor: m nur huda

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Tenaga pemulasaran janazah pasien Covid 19 semakin dibutuhkan di tengah tingginya angka kematian dengan riwayat Covid 19. 

Masalahnya, pemulasaran jenazah pasien Covid 19 berbeda dengan jenazah pada umumnya. Butuh pengetahuan khusus sesuai protokol kesehatan untuk merawat jenazah pasien Covid 19. 

Tim Pemulasaraan Jenazah Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara sempat melatih sejumlah anggota polres Satuan Sabhara Polres Banjarnegara dengan materi pemulasaraan jenazah pasien covid 19, kemarin Jumat (8/7/2021) di aula Polres Banjarnegara.

Kepala Pemulasaraan Jenazah dan Bina Rohani (PJBR) RSI Banjarnegara Wingit Bayu Herwanti mengatakan, pihaknya mengajak polisi untuk berperan aktif dalam kegiatan pemulasaraan jenazah, khususnya covid 19 di tengah masyarakat.

Bayu mengatakan, kebutuhan tenaga pemulasaraan jenazah saat ini sangat dibutuhkan. Pihaknya pun berharap  masyarakat bisa membantu dengan menjadi relawan.

"Saya berharap, TNI, Polri masyarakat umum bergerak bersama kami menjadi relawan pemulasaraan jenazah di masa pandemi ini, " katanya, Sabtu (10/7/2021).

Ia mengatakan, tenaga pemulasaran jenazah di rumah sakit terbatas. Setelah mengurus jenazah di rumah sakit, pihaknya bahkan  harus turut menguburkan jenazah di pemakaman. 

Terlebih ia berharap ada relawan perempuan yang berkenan untuk bergabung bersama pihaknya.  Pasalnya, menurut dia, hampir tidak ada petugas pemulasaraan jenazah perempuan. Rata-rata tenaga pemulasaran jenazah didominasi oleh laki-laki. 

Padahal, tenaga pemulasaran perempuan juga amat dibutuhkan untuk mengurus jenazah pasien Covid 19 berkelamin perempuan. 

"Kalau kami bisa berharap, tenaga relawan perempuan untuk membantu mengurus jenazah perempuan sangat kami harapkan sekali," harapnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved