Breaking News:

Berita Nasional

Vaksin Moderna Bantuan AS untuk Indonesia Datang Minggu Ini, Vaksinasi Tahap 3 Diutamakan Nakes

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan pemerintah akan segera menggelar program vaksinasi tahap ketiga untuk tenaga kesehatan ( nakes) yan

Editor: m nur huda
ccnull.de
Ilustrasi Vaksin moderna. 

TRIBUNJATENG.COM - Vaksin Moderna asal produsen Amerika Serikat akan tiba di Indonesia pada Minggu (11/7/2021).

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan pemerintah akan segera menggelar program vaksinasi tahap ketiga untuk tenaga kesehatan ( nakes) yang bekerja di garis terdepan dalam penanganan Covid-19.

Hal ini dilakukan, mengingat besar risiko nakes karena setiap hari bertemu dengan berbagai virus mutasi Covid-19 saat menangani pasien.

Dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu (10/7/2021), untuk itu, Menkes Budi berharap para nakes mendapatkan perlindungan ekstra.

Baca juga: AS Sumbang 4 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Indonesia, Akan Dikirim Segera

Baca juga: Vaksin Moderna Ampuh 100 Persen, Sembuhkan Pasien Corona Akut

Baca juga: Hasil Ujicoba Vaksin Corona Moderna pada Manusia, Akan Dites Sekali Lagi pada 30.000 Orang

"Karena tenaga kesehatan kita itu yang setiap hari bertemu dengan virus yang tinggi sekali kadarnya dan mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja. agar mereka bisa konsentrasi bekerja," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7/2021).

Rencananya, vaksinasi tahap 3 atau booster akan mulai dilakukan pekan depan untuk 1,47 juta tenaga kesehatan.

Mengingat kemungkinan tidak semua vaksin Moderna tiba di Indonesia di hari yang sama, maka vaksinasi akan dilakukan secara bertahap.

Mengutip Tribunnews.com, jumlah vaksin Moderna yang akan didatangkan dari AS berjumlah empat juta dosis.

Perlu diketahui pula, Menkes sebelumnya telah berdiskusi terlebih dahulu dengan Badan POM dan ITAGI terkait penyelenggaraan vaksinasi ketiga khusus nakes dengan menggunakan vaksin Moderna.

"Kami juga sudah berdiskusi dengan BPOM dan ITAGI sebagai penasehat independen mengenai program vaksinasi ini dan sudah menyetujui vaksin ketiga akan diberikan menggunakan vaksin Moderna sehingga bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap variasi-variasi mutasi yang ada," jelas Menkes.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved