Breaking News:

Berita Sragen

PMI Sragen Kesulitan Mencari Pendonor Plasma Konvalesen, Padahal Ada 9.951 Penyintas Covid-19

PMI Kabupaten Sragen kesusahan mencari pendonor plasma konvalesen. Dari awal digaungkan plasma konvalesen baru ada enam orang yang mau mendonor.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI
Pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di tenda depan RS RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – PMI Kabupaten Sragen kesusahan mencari pendonor plasma konvalesen. Dari awal digaungkan plasma konvalesen baru ada enam orang yang mau mendonor.

Wakil Ketua I PMI Kabupaten Sragen, Soewarno  mengaku pihaknya tak kurang-kurang memberikan sosialisasi kepada pasien terkonfirmasi Covid-19.

Baik yang melakukan perawatan di RS dan juga karantina di gedung Technopark Ganesha Sukowati Sragen. Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi di media sosial.

"Kita selalu mensosialisasikan kepada masyarakat baik melalui medsos bagian langsung ke Technopark. Agar orang yang pernah terpapar Covid-19 bersedia mendonorkan plasmanya," terang Soewarno, Minggu (11/7/2021).

Dalam hal ini, PMI Sragen hanya bertuga menghimpun para calon pendonor. Pendonoran plasma dilakukan di PMI Solo, mengingat PMI Sragen belum memiliki alat aphresis.

Yakni alat yang berfungsi memisahkan antara sel darah merah, sel darah putih, trombosit dan plasma konvalesen.

"Memang kendala di lapangan calon pendonor masih sedikit sedangkan yang mencari banyak. Pengambilan darah tetap di PMI Solo yang memiliki fasilitas alat aphresis," terang Soewarno.

Proses pengambilan plasma konvalesen pun tidak sebentar yakni kurang lebih 45 menitan. Dari enam orang yang mau mendonorkan plasmanya, PMI juga sudah berusaha mencari.

Soewarno mengatakan PMI Sragen saat ini hanya mendata calon pendonor, tak jarang pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui handphone.

Jika ada yang mencari plasma konvalesen ke PMI Sragen, pihaknya melakukan kontak dengan eks pasien Covid-19. Jika bersedia, pihaknya baru mempertemukan dengan keluarga pasien.

"Kadang pasien ada yang masih trauma karena dirawat di ruang isolasi sehingga tidak mau," tambahnya.

Kepada Tribunjateng.com pihaknya menghimbau kepada para penyintas agar bersedia mendonorkan plasma konvalesennya, untuk kemanusiaan.

Sementara itu, data dari corona.sragenkab.go.id per Minggu (11/7/2021) setidaknya ada sebanyak 9.951 orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved