Breaking News:

Berita Kendal

Stok Tabung Oksigen RSUD Soewondo Kendal Hanya Cukup untuk 2 Hari, Pasien Corona Melonjak

Tingkat konsumsi oksigen di RSUD dr Soewondo Kendal terus meningkat seiring banyaknya pasien Covid-19 yang harus menjalani perawatan.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Pekerja sedang melakukan pengisian ulang tabung oksigen di Ferdian Oksigen Jalan Sadewo Utara Blok -E No 2 Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/7/21). Harga isi ulang tabung untuk 1m3 sebesar 50 ribu, untuk 1.5m3 70 ribu, sedangkan 2m3 di harag 80 ribu. Dalam satu hari rata-rata kita mengisi 80 tabung. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Tingkat konsumsi oksigen di RSUD dr Soewondo Kendal terus meningkat seiring banyaknya pasien Covid-19 yang harus menjalani perawatan.

Dari 123 tempat tidur yang disediakan, kini sudah penuh dihuni pasien Covid-19 dengan rata-rata mengalami gejala sesak pernapasan.

Plt Direktur RSUD dr Soewondo Kendal, dr Budi Mulyono mengatakan, pasokan oksigen di RSUD Kendal mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Dari sebelumnya mencapai 60.000 liter sekali suplai, kini hanya berkisar 30.000 - 40.000 liter saja.

Jumlah ini berpengaruh pada tingkat penggunaan oksigen yang diperhitungkan hanya cukup untuk 2 hari saja.

Mengingat tingkat konsumsi oksigen di RSUD dr Soewondo Kendal mencapai 18.000 - 20.000 liter setiap harinya.

"Biasanya sekali suplai oksigen di RSUD Kendal 60.000 liter. Ini cukup untuk 3 hari setelah terjadi lonjakan kasus sejak Juni. Sekarang suplainya berkurang cukup untuk dua hari saja," terangnya, Minggu (11/7/2021).

Budi mengatakan, suplai oksigen di RSUD Kendal seharusnya sampai pada sore ini, maksimal Minggu malam.

Dengan itu, persediaan oksigen akan terjaga aman untuk membantu kebutuhan pasien Covid-19 dan pasien umum.

"Pasukan oksigen di RSUD kalau terlambat bahaya karena saat ini kebutuhan meningkat. Kita akan tunggu suplainya paling tidak sore ini harus datang. Kita mengandalkan PT Samator Kaliwungu, karena PT Surya Gas di Tangerang juga menyuplai kebutuhan di banyak tempat," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved