Breaking News:

Berita Video

Video Jelang Idul Adha, Harga Sapi Naik

Heru mengaku pengaruh adanya PPKM Darurat ini lebih kepada terkendala pengiriman karena banyak penutupan jalan. 

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI -  Berikut ini video jelang Idul Adha, harga sapi naik.

Pada momen Idul Adha tahun ini, diakui oleh Pemilik Peternakan Sapi PT Rodjo Banteng Mas, Heru Mulyono (34), berbeda dari tahun sebelumnya karena minat masyarakat untuk membeli hewan kurban relatif turun.

Menurutnya penurunan minat masyarakat membeli hewan kurban ada beberapa faktor, di antaranya sedang berlaku PPKM Darurat, belum lagi akses jalan yang ditutup, proses penyembelihan yang juga dianjurkan di Rumah Potong Hewan (RPH), dan wajib prokes.

Sehingga sebagai peternak, Heru mengaku pengaruh adanya PPKM Darurat ini lebih kepada terkendala pengiriman karena banyak penutupan jalan. 

"Dari dua kandang di tempat saya ada 34 sapi dan semuanya sudah habis terjual. Meski semua habis terjual tapi saya dan rekan-rekan sesama penyedia hewan kurban merasa minat pasar tahun ini turun dibandingkan tahun lalu," jelas Heru, pada Tribunjateng.com, Senin (12/7/2021).

Selain beberapa faktor seperti adanya penutupan jalan, faktor lainnya yaitu naiknya harga jual sapi di pasaran sehingga daya beli masyarakat menurun.

Katakan untuk harga sapi lokal jawa yang sebelumnya kisaran Rp 18 juta - Rp 19 juta per ekor sekarang naik jadi Rp 21 juta bahkan ada yang Rp 22 juta per ekor. 

"Kebetulan kalau saya menyediakan beberapa jenis sapi, seperti sapi Bali harga kisaran Rp 23 juta - Rp 33 juta beratnya 400-600 Kg.

Lalu ada sapi lokal (Jawa) harga di bawah Rp 25 juta beratnya antara 300-400 Kg, dan ada sapi super harga Rp 35 juta - Rp 65 juta dengan berat antara 600-950 Kg.

Sedangkan yang paling banyak diminati yaitu sapi range harga Rp 21 juta - Rp 25 juta," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved