Breaking News:

Jokowi Minta Tak Ada Pembedaan Layanan Investor Besar dan Kecil

Baik investor besar maupun investor UMKM dan koperasi sama-sama memiliki peran penting dalam penyerapan tenaga kerja.

Editor: Vito
Istimewa/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar tidak ada pembedaan layanan terhadap investor UMKM dan koperasi dengan investor besar.

Menurut dia, keduanya mampu menggenjot pertumbuhan investasi di Indonesia. Baik investor besar maupun investor UMKM dan koperasi sama-sama memiliki peran penting dalam penyerapan tenaga kerja.

"Saya ingin menggarisbawahi, investasi jangan hanya dilihat sebagai investor besar. Investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar, investor asing," katanya, dalam Investor Daily Summit, Selasa (13/7).

Jokowi berjanji akan memberikan akses setara kepada seluruh investor, tanpa memandang investor besar ataupun kecil.

Penanaman modal pun dipermudah dengan menyederhanakan perizinan usaha di pusat dan daerah, menerapkan perizinan berusaha berbasis risiko, serta memberikan berbagai insentif agar meningkatkan minat investor khususnya dari dalam negeri.

Per Juli 2021, kata Jokowi, sistem online single submission (OSS) berbasis risiko wajib digunakan dan menjadi acuan tunggal bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyelenggaraan perizinan berusaha secara elektronik, cepat, dan efisien.

Khusus investor UMKM dan koperasi, pemerintah mendorong kolaborasi dengan perusahaan besar.

Setiap investasi yang masuk harus menggandeng UMKM lokal agar menciptakan pemerataan, kemandirian ekonomi, dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 

"(UMKM dan koperasi) sama-sama berperan memajukan perekonomian bangsa," ucap Jokowi.

Untuk mendorong kolaborasi tersebut, Jokowi telah membentuk Satgas Percepatan Investasi melalui Keputusan Presiden Nomor 11/2021.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved