Berita Regional

Pengikut Habib Rizieq Ngamuk, 3 Mobil Polisi Dirusak, Kantor Kejari Tasikmalaya Dilempari Batu

Massa simpatisan Habib Rizieq Shihab menggelar demonstrasi di Kantor Kejaksaan Negeri Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (12/7/2021) siang.

Editor: m nur huda
Kompas.com
Pendukung Habib Rizieq mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Singaparna Tasikmalaya, Senin (12/7/7). Massa minta Kejari membebaskan Habib Rizieq. Demo berakhir bentrok. Tiga mobil polisi rusak. 

TRIBUNJATENG.COM, TASIKMALAYA - Massa simpatisan Habib Rizieq Shihab menggelar demonstrasi di Kantor Kejaksaan Negeri Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (12/7/2021) siang.

Namun demo kemudian berakhir ricuh. Massa mengamuk. Tiga mobil polisi rusak dan kantor Kejaksaan Tasikmalaya dilempari.

Berikut fakta-fakta dan kronologinya:

Kronologi

Massa datang menggunakan mobil dan pengeras suara. Massa meminta Kejaksaan agar membebaskan Habib Riziq Shihab.

Baca juga: Survei Median: Eks Pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 Lebih Banyak Tak Ingin Vaksin Covid-19

Kepala Kejaksaan Negeri Singaparna, Muhammad Syarif menceritakan, saat massa datang, pihaknya meminta cukup dua orang perwakilan massa yang masuk untuk berdialog.

Namun mereka tidak mau. Mereka mendesak Kajari Syarif membuat pernyataan membebaskan Habib Rizieq. Namun permintaa itu ditolak Kajari.

"Iya, awalnya demo itu meminta Kejaksaan untuk membebaskan Habib Rizieq. Tadi, Kejari Singaparna disuruh membuat pernyataan untuk itu, saya gak mau, mereka yang mau. Dari awal saya sudah suruh masuk 2 orang, tapi mereka gak mau," jelas Kepala Kejaksaan Negeri Singaparna, Muhammad Syarif, saat dihubungi wartawan lewat telepon, Senin siang.

Setelah negoisasi gagal, massa kemudian bentrok dengan polisi yang mengamankan lokasi.

Massa dari berbagai kota

Kajari Muhammad Syarif mengungkapkan, sesuai informasi yang didapatkan pengunjukrasa bukan hanya berasal dari Tasikmalaya saja, tapi berasal dari Ciamis dan Majalengka.

Selain melakukan perusakan, tambah Syarif, para pelaku pun menyalakan kembang api saat aksinya sambil melempari batu ke arah kantor Kejaksaan Negeri Singaparna dan petugas Kepolisian yang berjaga.

Tiga mobil dirusak dan Kantor Kejari Dilempari

Massa melempari polisi dengan berbagai benda.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved