Breaking News:

Universitas Ivet Semarang

Universitas Ivet Semarang Terima Hibah RPL dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Universitas Ivet kembali mendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Wakil Rektor 1 Universitas Ivet Dr Luluk Elyana menyampaikan hibah yang diberikan Kemendikbud Ristek Dikti dalam kegiatan sosialisasi Hibah RPL melalui daring 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Ivet kembali mendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Hibah kali ini adalah bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Ada lima program studi (Prodi) yang mendapatkan hibah di Universitas Ivet yaitu Prodi Pendidikan Geografi, Prodi Pendikan Sejarah, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Prodi Pendidikan Informatika, dan Prodi Bimbingan dan Konseling.

Menurut Ketua Unit RPL sekaligus Dekan FKIP Dr Fifti Istiklaili, program hibah ini sangat menguntungkan sekali bagi mahasiswa.

Pasalnya, tentu akan meringankan beban biaya untuk menempuh pendidikan tinggi yang linier dengan pekerjaannya.

"Selain itu hanya di Universitas Ivet saja dari sekian banyak perguruan tinggi yang memiliki program RPL dengan membebaskan biaya SPI bagi mahasiswa. Ini menjadi angin segar bagi masyarakat yang sudah bekerja, baik yang sudah pernah kuliah maupun yang lulusan SMA. Apalagi ditambah dengan mengikuti program beasiswa dari pemerintah sehingga sangat menguntungkan sekali bagi para pekerja yang ingin melanjutkan atau melinierkan pendidikan tingginya setara dengan pekerjaanya dengan modal yang tidak terlalu besar," ujar Dekan FKIP dalam kegiatan sosialisasi hibah RPL melalui daring platform Zoom, Selasa (13/7/2021).

Ketua unit RPL sekaligus dekan FKIP Dr Fifti Istiklaili menjelaskan hibah program RPL di Universitas Ivet kepada para peserta dalam kegiatan sosialisasi Hibah RPL melalui daring
Ketua unit RPL sekaligus dekan FKIP Dr Fifti Istiklaili menjelaskan hibah program RPL di Universitas Ivet kepada para peserta dalam kegiatan sosialisasi Hibah RPL melalui daring (IST)

Dr Fifti Istiklaili menjelaskan bahwa program RPL di Universitas Ivet itu total ada tujuh Program Studi dan yang mendapatkan hibah hanya lima Program Studi.

"Selain lima Prodi yang mendapatkan hibah, di Universitas Ivet ada 2 prodi lagi yang memiliki program RPL yaitu Prodi PG PAUD dan Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Semua program RPL free SPI dan sistem perkuliahannya full daring. Jadi tentu bisa dimanfaatkan bagi seluruh masyarakat yang sudah bekerja. Bisa kuliah di mana saja tanpa harus selalu datang ke kampus," terangnya.

Wakil Rektor 1 Dr Luluk Elyana menyampaikan bahwa Unisvet juga sudah bekerjasama dengan perserikatan pekerja Indonesia di luar negeri sehingga harapannya program ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang sedang bekerja di luar negeri.

"Menjadi suatu kebanggaan bahwa Universitas Ivet menjadi salah satu dari ratusan bahkan ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang menerima hibah RPL dan bersanding dengan 50 perguruan tinggi lainnya di Indonesia yang mendapat hibah RPL. Hal ini tidak kita sia-siakan maka dari itu kami gencarkan informasi ini kepada seluruh kalangan masyarakat. Sehingga kami dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siapa saja, khususnya bagi masyarakat Indonesia," terangnya.

Dr Luluk Elyana juga menambahkan bahwa program RPL di Universitas Ivet sudah terkoneksi dengan sistem pembelajaran online.

"Learning Management System ( LMS) sebagai sistem utama yang dimiliki oleh Universitas Ivet sangat siap untuk kegiatan perkuliahan daring. Dengan demikian mahasiswa dari mana pun bisa mengikuti perkuliahan tersebut. Untuk itu kami membuka kesempatan yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang sudah bekerja dan ingin menyempurnakan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi bisa bergabung di Universitas Ivet. Tentunya memanfaatkan program dari pemerintah tersebut," imbuhnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved