Breaking News:

Berita Pati

Masyarakat Pati Diminta Salat Idul Adha di Rumah Saja, Ali Arifin: Demi Hifdzun Nafs

masyarakat Kabupaten Pati diminta legowo untuk salat Idul Adha di rumah saja.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Kepala Kantor Kemenag Pati Ali Arifin saat diwawancarai di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pada momen hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H yang bertepatan dengan Selasa (20/7/2021) mendatang, masyarakat Kabupaten Pati diminta legowo untuk salat Idul Adha di rumah saja.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pati Ali Arifin ketika diwawancarai awak media di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (14/7/2021).

Dia menyebut, hal ini juga tertuang dalam Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 yang diterbitkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Surat Edaran tersebut berisi tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H di Wilayah PPKM Darurat.

"PPKM Darurat ini, kita diminta menghindari kerumunan. Jadi untuk sementara ya salatnya memang di rumah. Ini tugas kita untuk melindungi keluarga dan saudara-saudara kita semua (dari wabah Covid-19)," ujar dia.

Ali Arifin menambahkan, pelaksanaan penyembelihan hewan dan distribusi daging kurban juga diatur sedemikian rupa supaya tidak menimbulkan kerumunan.

Penyembelihan juga akan dilakukan pada hari tasyrik (11-13 Dzulhijjah), tidak hanya pada hari H Iduladha. Hal ini supaya tidak terjadi kerumunan.

Ali mengatakan, pihaknya akan menyerukan imbauan terkait hal ini pada masyarakat lewat penyuluh agama yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA).

"Mudah-mudahan masyarakat menyadari niat baik ini. Ini memang tugas agama untuk menyelamatkan nyawa. Niatnya menyelematkan jiwa, hifdzun nafs," jelas dia.

Dia mengatakan, dirinya sendiri sempat positif Covid-19 dan merasakan betapa susahnya ketika terjangkit virus corona.

"Yang saya alami jangan sampai dialami saudara-saudara kita di Pati," kata dia.

Melalui penyuluh di tingkat desa, lanjut Ali, pihaknya tidak bosan-bosannya mengajak dan memperingatkan masyarakat agar taat protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved