Breaking News:

Berita Salatiga

Kembangkan Teknologi Pembelajaran AVR, UKSW Salatiga Gandeng EON- Reality

Upaya mengembangkan pembelajaran, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggandeng perusahaan augmented and virtual reality (AVR), EON- Re

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: m nur huda
Istimewa
Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara saat memberikan sambutan secara virtual dalam OMB UKSW 2020. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Upaya mengembangkan pembelajaran, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggandeng perusahaan augmented and virtual reality (AVR), EON- Reality.

Perusahaan yang berbasis di Irvine, California (Silicon Valley), Amerika Serikat ini beroperasi di sekitar 15 negara dan sedang memasuki beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia.

AVR merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan maya dan juga efek yang ditimbulkannya dengan menggunakan perangkat tertentu.

Rektor UKSW Salatiga Neil Semuel Rupidara mengatakan melalui kerjasama ini, proses belajar mengajar di UKSW ke depan akan mengadopsi teknologi pembelajaran berbasis extended atau cross reality (XR), khususnya berbasis platform teknologi AVR.

"Saat ini UKSW tengah menjalani tahap pertama kerjasama, yaitu berupa transfer pengetahuan.  Ada lebih dari dua puluh dosen yang mengikuti pelatihan tahap pertama ini yang akan diikuti dengan pelatihan lainnya," terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Kamis (15/7/2021)

Menurut Neil, kerjasama dengan EON- Reality merupakan hal yang sangat relevan saat ini dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum juga selesai. Kemudian, platform AVR ini diproyeksikan
menjadi teknologi yang akan mendominasi masa depan ke dalam sistem pembelajaran.

Ia menambahkan, pembelajaran daring yang berjalan sekarang bagaimanapun belum bisa memberikan hasil memuaskan, terutama pada mata kuliah yang membutuhkan praktikum di laboratorium.

"Meskipun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek) mengizinkan praktikum secara luring kegiatan praktikum bagaimanapun terganggu di era pandemi ini, apalagi sejak melonjaknya kasus penyebaran Covid secara nasional dan juga Salatiga belakangan ini," katanya

Dia mengungkapkan, ditengah situasi pandemi sulit memastikan apa yang akan terjadi ke depan. Jika UKSW berhasil dalam adopsi dan Pengembangan teknologi pembelajaran AVR ini, metode dan kualitas pembelajaran akan diperkaya.

Neil juga meyakini dalam projeksi perkembangan teknologi ke masa depan, teknologi XR ini akan makin dominan penggunaannya di berbagai bidang kehidupan, termasuk di dunia pendidikan.

"Jadi, UKSW is welcoming this future technology. The future is already here. Teknologi AVR ini akan dipakai UKSW dalam pembelajaran di semua bidang.  Karena itulah kami masuk dalam skema kerjasama strategis dengan EON-Reality untuk durasi 5 tahun dengan total nilai projek lebih dari 25 juta dolar AS ini, termasuk melibatkan skema hibah untuk post-pandemic academic recovery yang akan diupayakan oleh kedua pihak," ujarnya

Dia menyatakan, pengembangan teknologi ini akan dilakukan secara bertahap di UKSW. Pada tahap awal ini dosen-dosen yang dilibatkan adalah mereka antusias dan mudah mengadopsi teknologi baru. Makanya mereka disebut champion teachers.

Pihaknya berharap pada pembelajaran semester 2 di tahun 2021/2022 teknologi ini sudah mulai digunakan. Namun tidak menutup kemungkinan, jika sudah siap di semester 1 bisa praktikkan pada satu atau dua modul terlebih dahulu.

"Kerjasama dengan EON-Reality merupakan sebuah kerjasama strategis baik secara spesifik dalam hal adopsi dan pengembangan teknologi AVR di dunia pendidikan tinggi maupun untuk pengembangan kampus secara menyeluruh ke depan," paparnya (ris)

Rektor UKSW Salatiga Neil Semuel Rupidara. (IST/Humas UKSW) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved