Breaking News:

Berita Semarang

Sedulur Plasma Semarang Kumpulkan Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Sedulur Plasma Kota Semarang melakukan gerakan bersama menjaring para penyintas Covid-19 untuk melakukan donor darah plasma konvalesen.

Penulis: iwan Arifianto | Editor: Daniel Ari Purnomo
Dok. Sedulur Plasma Semarang
Sedulur Plasma Kota Semarang melakukan gerakan bersama menjaring para penyintas Covid-19. Anggota terdiri penyintas Covid-19, pendonor darah plasma, perwakilan UDD PMI Kota Semarang dan Jateng, tokoh agama dan lainnya, melalui zoom meeting, Kamis (15/7/2021) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sedulur Plasma Kota Semarang melakukan gerakan bersama menjaring para penyintas Covid-19 untuk melakukan donor darah plasma konvalesen

Hal itu dimulai dengan melakukan koordinasi melalui zoom meeting yang dihadiri penyintas Covid-19, pendonor darah plasma, relawan donor darah, perwakilan UDD PMI Kota Semarang dan Jateng, tokoh agama dan lainnya, Kamis (15/7/2021) malam. 

Perwakilan Sedulur Plasma Semarang, Purwoko mengatakan, gerakan itu muncul didasari keprihatinan  terhadap kondisi di lapangan yang mana ketersediaan plasma darah berbanding terbalik dengan stok plasma. 

Data yang dihimpunnya, awal Juli 2021 permintaan plasma konvalesen masih di angka 236 kantong. 

Dua minggu kemudian, tepatnya pada 14 Juli permintaan stok plasma naik tajam yakni empat kali lipat diangka 839 kantong. 

"Kami prihatin dengan kondisi lapangan peningkatan yang tajam namun tak diimbangi oleh pendonor plasma," ungkapnya dalam pemaparan zoom tersebut. 

Dia mengungkapkan, sedulur plasma memiliki visi membantu ketersediaan plasma konvalesen di UDD PMI maupun di Unit tranfusi darah di rumah sakit dengan cara melakukan pendekatan secara personal, edukatif, dan masif kepada para penyintas Covid-19.

Misinya, pertama melakukan penjaringan penyintas Covid-19 secara mandiri dan kolaborasi drngan berbagai stakeholders 

Kedua, membantu memberikan edukasi motivasi dan pendampingan ke penyintas Covid-19 agar mau berdonor plasma konvalesen

"Tentu untuk mewujudkan hal itu tak mudah dan ada berbagai tantangan," paparnya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved