Breaking News:

Berita Banyumas

Sejumlah Pengusaha Banyumas Gotong Royong Beli Peti Jenazah Bantu Rumah Sakit

Sejumlah pengusaha di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ramai-ramai menggalang bantuan untuk pengadaan peti mati bagi pasien Covid-19 yang meninggal du

Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG/DINA INDRIANI
Sejumlah pekerja sedang proses memproduksi peti jenazah di di Dusun Pagotan Desa Kalisalak Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Kamis (24/6/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Sejumlah rumah sakit di Banyumas mulai kewalahan menyediaakan peti mati atau peti jenazah karena terlalu banyaknya pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Kondisi tersebut membuat sejumlah pengusaha di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ramai-ramai menggalang bantuan untuk pengadaan peti mati bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

"Teman-teman pengusaha gotong royong, karena ini sifatnya mendesak, jadi enggak perlu dikumpulkan, langsung disalurkan," kata Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono di Pendapa Wakil Bupati Banyumas, Kamis (15/7/2011).

Baca juga: Degan Wulung Ramai Dicari Pembeli di Semarang, Suminah Bisa Jual 125 Buah Sehari

Baca juga: Warganet Banyumas Raya Embargo Berita Covid, Ketua AJI: Melanggar Hak Publik untuk Akses Informasi

Baca juga: Di Banyumas Penderita Covid-19 yang Jalani Isolasi Mandiri Dapat Pinjaman Tabung Oksigen dari PMI

Hingga saat ini, Pemkab Banyumas telah menerima bantuan lebih dari 150 peti mati dari para pengusaha.

"Karena kami kekurangan, dulu setiap bulan dibantu Eka Pralaya (rumah persemayaman), tapi sekarang tiba-tiba (kasus kematian akibat Covid-19) meledak, sehingga saya minta bantuan ke teman-teman pengusaha, sukarela," ujar Sadewo.

Lebih lanjut Sadewo mengungkapkan, tim pemakaman yang dikomandoi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setiap hari rata-rata memakamkan lebih dari 30 jenazah pasien Covid-19.

"Tapi belum tentu semuanya warga yang meninggal di sini, ada juga warga Banyumas yang meninggal di luar kota, tapi minta dimakamkan di sini, kami tidak bisa menolak," kata Sadewo.

Sebagai informasi, hingga kini telah ada 965 pasien Covid-19 di Banyumas yang meninggal dunia.

Sebanyak 263 di antaranya meninggal pada Juli 2021.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Lagi Mampu Sediakan Peti Mati untuk Pasien Covid-19, Pemkab Banyumas Minta Bantuan Pengusaha

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved