Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Teknik Elektro Unsoed Purwokerto Ulas Teknologi 5G dalam Webinar

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali mengadakan serial webinar.

Editor: abduh imanulhaq
UNSOED
Teknik Elektro Unsoed Purwokerto Ulas Teknologi 5G Dalam Webinar 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali mengadakan serial webinar.

Pada webinar seri ke-3 ini tema yang diusung adalah teknologi 5G yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di bidang teknologi informasi.

Acara yang berlangsung secara virtual dengan menggunakan zoom meeting diadakan pada Senin (12/7).

Hadir sebagai narasumber yaitu Firman Sujono, S.T. (Div NOQM Telkomsel Jateng DIY).

Mengawali paparannya, Firman Sujono, S.T. menyampaikan tentang perjalanan telekomunikasi di dunia mulai dari teknologi 1G sampai dengan 5G.

Pada tahun 2020 muncul 5G yang merupakan pengembangan dari 4G.

Kedua teknologi tersebut sama persis, yang berbeda adalah pada frekuensinya yang lebih lebar, teknologi lebih efisien, jumlah antena lebih banyak, dan beberapa teknologi yang bisa meningkatkan kecepatan 5G.

“Yang paling penting di sisi 5G adalah sisi latensi. Latensi ini menjadi sangat penting terkait di otomatisasi kendali,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan mengenai keuntungan 5G di sisi kecepatan yang bisa mencapai 1 Gbps.

Dicontohkan pemanfaatan teknologi 5G antara lain untuk Streaming UHD Content, HD Video Call, Cloud Gaming, VR Entertainment, Education VR, Fixed Wireless Access, AR Entertainment, dan Tele health & medicine. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved