Breaking News:

Berita Semarang

Transaksi Tokopedia E-Samsat di Jateng Naik 4 Kali Lipat

Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia E-samsat meningkat hingga tiga kali lipat

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng/ Rahdyan Trijoko Pamungkas
Pembayaran pajak melalui tokopedia 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia E-samsat meningkat hingga tiga kali lipat pada kuartal I/2021 dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Khusus di Jateng, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menyebut, kenaikan tercatat hampir empat kali lipat.

“Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan mitra strategis untuk mempermudah masyarakat, termasuk dalam hal pembayaran pajak.

Layanan Tokopedia E-Samsat juga diharapkan dapat berkontribusi mendorong perkembangan ekonomi digital di Jateng,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jateng, Selasa (13/7).

Menurut dia, melalui Tokopedia E-Samsat dan Sistem Administrasi Kendaraan dan Pajak Online (Sakpole) Jawa Tengah, wajib pajak dapat memotong tiga jalur antrean sekaligus, yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen, pembayaran, hingga pengesahan.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa menjadi lebih cepat karena proses tersebut dilakukan dalam hitungan menit di mana pun kapan pun lewat Tokopedia.

Cukup dengan mengetik E-Samsat di kolom pencarian di Tokopedia, kemudian pilih Samsat Jateng, dan masukkan kode bayar yang sebelumnya didapatkan dari aplikasi Sakpole.

Selanjutnya, klik ‘Cek Tagihan’ dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menyediakan 50 opsi pembayaran yang dapat dipilih, termasuk pembayaran secara cicilan, transfer bank, uang elektronik, gerai offline seperti minimarket dan kantor pos, dan masih banyak lainnya. Setelah itu, wajib pajak dapat melakukan pengesahan melalui aplikasi Sakpole.

"Kemudahan lain adalah tidak adanya batas nominal transaksi tunggal, sehingga berapa pun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan. Selain di Jateng, layanan Tokopedia E-Samsat juga telah hadir di wilayah Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan," jelasnya. (idy)

Baca juga: BERITA LENGKAP : Jeritan UMKM Furniture di Jepara Terancam Mati Suri Selama Pandemi

Baca juga: Gadis Ini Dirudapaksa di Kebun Tebu hingga Alami Pendarahan Hebat, Polisi Temukan Bungkus Obat Kuat

Baca juga: Hotline Semarang : Apakah Benar Jalur Masuk Kota Semarag Ditutup?

Baca juga: Polisi Amankan 2 Unit Bus PO Setia Negara dan Dewi Sri karena Penumpang tak Bawa Surat Keterangan

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved