Breaking News:

Berita Korupsi

BERITA LENGKAP : Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Divonis 5 Tahun dan Uang Pengganti Rp 10,8 M

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu dinilai terbukti melakukan korupsi berupa penerimaan suap dari sejumlah eksportir benih lobster.

Editor: Catur waskito Edy
Tribunnews/Irwan Rismawan
Terdakwa kasus suap izin ekspor benih lobster tahun 2020, Edhy Prabowo menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021). Agenda sidang dengan terdakwa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut adalah mendengarkan keterangan saksi. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pengadilan Tipikor Jakarta menghukum Edhy Prabowo dengan pidana 5 tahun penjara.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu dinilai terbukti melakukan korupsi berupa penerimaan suap dari sejumlah eksportir benih lobster.

”Mengadili, menyatakan Terdakwa Edhy Prabowo terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama,” kata Ketua Majelis Hakim, Albertus Usada saat membacakan vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (15/7).

”Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun," kata hakim.

Selain dihukum pidana penjara, Edhy juga divonis membayar denda sebesar Rp 400 juta subsider 6 bulan kurungan.

Tak hanya itu, Edhy juga dihukum membayar uang pengganti senilai Rp 10,8 miliar. Besaran uang pengganti itu merupakan uang yang dinilai terbukti diterima Edhy Prabowo.

Adapun total uang tersebut rinciannya yakni Rp 9.687.447.219 dan USD 77 ribu (Rp 1.116.010.519 dengan 1 USD = Rp 14,494).

Apabila Edhy tidak mampu membayar uang pengganti itu, maka akan diganti dengan hukuman 2 tahun penjara. Jumlah uang pengganti ini sama seperti tuntutan jaksa KPK.

”Menghukum terdakwa membayar uang pengganti sejumlah Rp 9.687.447.219 dan USD 77 ribu, dengan memperhitungkan uang yang sudah dikembalikan oleh terdakwa,” kata hakim.

Majelis hakim meyakini Edhy bersalah telah melakukan korupsi berupa suap dari sejumlah eksportir benih lobster.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved