Breaking News:

Berita Regional

Wanita Ini Tipu Belasan Warga Rp 1 Miliar Modus Arisan Fiktif Dijanjikan Keuntungan Berlipat

Sudah banyak yang menjadi korban, namun arisan fiktif dengan janji keuntungan berlipat masih saja menarik minat orang.

Editor: galih permadi
surya/benni indo
Tersangka SMA saat dimintai keterangan oleh penyidik di Polres Batu akibat perbuatannya melakukan dugaan penipuan arisan fiktif. 

TRIBUNJATENG.COM, KOTA BATU – Sudah banyak yang menjadi korban, namun arisan fiktif dengan janji keuntungan berlipat masih saja menarik minat orang.

Kali ini modus serupa terjadi di Kota Batu yang berimbas kerugian pada puluhan orang dengan jumlah kerugian mencapai Rp 1 miliar.

Kasus ini pun ditangani Polres Kota Batu, dan mengamankan tersangka SMA (23), warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, sebagai pelaku penipuan.

Kasatreskrim Polres Batu, Ajun Komisaris Jeifson Sitorus mengatakan, pelaku arisan fiktif berinisial SMA itu ditangkap pada Kamis (15/7/2021).

Jeifson menjelaskan kronologi dan modus pelaku. Awalnya pelaku menawarkan arisan kepada sejumlah korban dengan menjanjikan keuntungan fantastis sampai 50 persen.

Dengan iming-iming keuntungan hingga 50 persen tersebut, banyak orang yang tergiur sehingga mau mengikuti arisan.

Korban-korbannya adalah orang-orang yang selama ini sudah dihubungi oleh SMA.

Dan sistem yang diterapkan untuk menggaet peserta mirip multi level marketing (MLM). Bila satu peserta bisa mengajak orang lain, maka dijanjikan keuntungan berlipat.

Akibatnya para peserta pun bersemangat mengikuti arisan dan mengajak banyak rekan lainnya.

"Dengan keuntungan besar itulah akhirnya korban tergiur, namun karena yang keuntungan dijanjikan tidak kunjung terwujud, mereka komplain,” ujar Jeifson.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved