Breaking News:

Berita Kebumen

Ombak Besar Rusak Kapal Nelayan di Kebumen

Ombak besar yang menerjang pesisir selatan Kebumen akhir-akhir ini menyisakan duka mendalam bagi para nelayan

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
humas Setda Kebumen
nelayan di pantai Pedalen Kebumen menunjukkan kapal yang rusak karena ombak besar, Jumat (16/7/2021) 

TRIBUNBJATENG. COM, KEBUMEN - Ombak besar yang menerjang pesisir selatan Kebumen akhir-akhir ini menyisakan duka mendalam bagi para nelayan

Karena kondisi itu, mereka terpaksa berhenti melaut untuk menangkap ikan. Bahkan, ada beberapa kapal nelayan yang rusak parah karena dihantam ombak  dan terhantam batu gunung.

Seperti dialami nelayan di Pantai Pedalen, Kecamatan Ayah. Sudah satu minggu ini para nelayan di sana tidak melaut karena ombak besar. Kapal mereka juga sebagian rusak parah. 

"Jadi ada lima kapal yang rusak, dua masih bisa diperbaiki, dan tiga kapal tidak bisa diperbaiki karena kerusakannya cukup berat. Nanti akan diupayakan untuk dibantu melalui dinas perikanan dan kelautan," ujarnya, Sabtu (17/7/2021). 

Perbaikan kapal diperkirakan menelan biaya Rp 3 juta untuk satu kapal. Sedangkan untuk pembelian satu kapal baru sebesar Rp 16 juta. Pemkab, kata Bupati, akan memberikan bantuan kepada nelayan, termasuk memberikan permodalan melalui kelompok nelayan

Perwakilan nelayan, Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan perhatian kepada nelayan untuk perbaikan kapal. Bantuan itu sangat dibutuhkan agar nelayan bisa kembali melaut. 

"Sementara ini kita memang tidak bisa bekerja karena kapal rusak, " katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved