Breaking News:

Berita Pendidikan

Seleksi PPPK 2021, Guru Honorer Galau Formasi Tak Cakup Semua Mapel: Formasi Sekolah Induk Terkunci

Kebingungan dirasakan sejumlah guru honorer lantaran mata pelajaran yang diampunya tidak ada dalam formasi yang tertera pada laman SSCASN.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: moh anhar
tribunnews.com via KOMPAS.com
Ilustrasi Guru Honorer 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Kebingungan dirasakan sejumlah guru honorer lantaran mata pelajaran yang diampunya tidak ada dalam formasi yang tertera pada laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Padahal, guru honorer atau guru tidak tetap diangkat lantaran tidak ada satu mata pelajaran tertentu yang mengampu di sekolah tersebut.

Kenapa saat pembukaan seleksi Pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tidak menyediakan formasi untuk mata pelajaran tersebut?

Hal itu diungkapkan guru honorer SMK yang juga Ketua Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Nonkategori Usia 35 Tahun ke Atas (GTKHNK35+) Provinsi Jawa Tengah, Tinon Wulandari, Minggu (18/7/2021).

Pihaknya menerima laporan dari sejumlah guru honorer di Jateng terkait proses rekruitmen ASN PPPK.

Antara lain terkait tidak adanya formasi yang disediakan untuk guru honorer tersebut dalam satu sekolah.

Baca juga: Terungkap, Ini Alasan Kades Jenar Sragen Izinkan Hajatan hingga Pasang Baliho Berisi Makian

Baca juga: Asrama Haji Donohudan Boyolali akan Jadi RS Darurat Covid, Pekerjaan Ditarget Selesai Dua Pekan

Baca juga: BPS Kendal Ajak Masyarakat Survei Dampak Pandemi Covid-19, Seperti Apa Kondisi Darurat Masa PPKM?

"Formasi yang ditetapkan BKN (Badan Kepegawaian Negara) tidak sesuai dengan ajuan R10 (kebutuhan guru) 2021. Dari formasi yang ditetapkan BKN dalam seleksi ASN PPPK 2021 ternyata banyak formasi mata pelajaran yang telah diajukan setiap sekolah pada saat akan dilaksanakan seleksi PPPK," kata Wulan, sapaannya.

Ia memberikan contoh mata pelajaran yang banyak tidak muncul formasinya dalam satu sekolah yakni Pendidikan Agama Islam atau Pendidikan Agama, Bahasa Inggris, Kejuruan, PKK (Kewirausahaan).

Akan tetapi, ada mata pelajaran yang tidak diajukan sebagai kebutuhan guru di sekolah, justru keluar dalam formasi yang ditetapkan BKN.

Contohnya, mata pelajaran Bahasa Jepang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved