Breaking News:

Berita Sragen

Kemenag Sragen Himbau Salat Idul Adha di Rumah Saja, Penyembelihan Hewan Kurban di RPH

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sragen menghimbau agar umat Islam tidak melaksanaan salat IdulAdha dimasjid maupun tanah lapang.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: m nur huda
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Idul Adha 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sragen menghimbau agar umat Islam tidak melaksanaan salat IdulAdha dimasjid maupun tanah lapang.

Kepala Kemanag Sragen, Hanif Hanani menyampaikan sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 17/2021 salat IdulAdha lebih baik dilakukan di rumah saja.

SE tersebut berisi tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran Salat IdulAdha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di wilayah PPKM Darurat.

Sementara untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, Hanif mengatakan dapat dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

"Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan sesuai syariat Islam termasuk kriteria hewan yang disembelih. Pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH," kata Hanif, Senin (19/7/2021).

Dia melanjutkan dalam hal keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH, pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar RPH dengan sejumlah ketentuan.

Yakni diantaranya penerapan jaga jarak yang ketat, penerapan protokol kesehatan dan kebersihan petugas dan pihak yang berkurban terakhir penerapan kebersihan alat.

Hanif menyampaikan dalam sosialisasi SE ini dirinya telah meminta seluruh pegawai Kankemenag, penyuluh, kepala KUA untuk menyampaikannya ke takmir masjid.

Sementara itu, penyelenggaraan malam takbiran di masjid atau mushola, takbir keliling baik dengan arak-arakan berjalan kaki maupun dengan arak-arakan kendaraan juga ditiadakan.

Terpisah, Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi mengatakan pihaknya akan terus gencar melakukan penyekatan terlebih mendekati Hari Raya IdulAdha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved