Breaking News:

Penanganan Corona

Benarkah Bersihkan Hidung dengan Larutan Garam NaCl Membunuh Virus Corona? Ini Jawaban Ahli Patologi

Viral di media social sebuah video yang menampilkan seorang pria membersihkan hidung dengan larutan NaCl.

Editor: galih permadi
TikTok/@psikosomatikandi
Viral cuci hidung pakai larutan NaCl. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA – Viral di media social sebuah video yang menampilkan seorang pria membersihkan hidung dengan larutan NaCl (larutan garam).

Video yang diunggah di Twitter oleh pemilik aku @mbahndi ini menyebutkan bahwa cuci hidung tersebut mampu membersihkan virus dan bakteri.

“Cara cuci hidung membersihkan virus dan bakteri di lubang hidung. Cara cuci hidung dengan NaCl 0,9 persen dan spuit 10cc yang bisa teman-teman lakukan setelah aktivitas seharian di luar rumah. Teman juga bisa menggunakan air larutan garam 1 persen tapi garam non-yodium atau garam kasar," tulis akun @mbahndi, Jumat (25/6/2021).

Hingga kini, video tersebut telah ditonton sebanyak 322 ribu kali dan mendapat banyak respons di kolom komentar. Beberapa di antaranya ternyata telah mempraktikkan cuci hidung tersebut.

“Sudah ngaplikasiin ini sejak September 2020,” tulis akun @xyzmsa.

“Nah that’s! Penciuman kembali normal cepat waktu itu karena ginian juga nih, ditambah hidup minyak kayu putih yang dicampur air panas, behhh plong rasanya itu hidung,” tulis @Yuddhistira_.

Lantas, benarkan cuci hidung bisa membersihkan bakteri hingga virus? Berikut penjelasan dari ahli patologi.

Tonang Dwi Adryanyo, ahli patologi klinis di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, membenarkan larutan NaCl mampu membersihkan kotoran di saluran napas. Sayangnya, larutan tersebut tidak bisa membunuh virus di dalam hidung secara langsung.

“Itu intinya membersihkan kotoran di saluran napas, tidak secara langsung membunuh virus,” jelas Tonang, dikutip dari Kompas.com, Minggu (27/6/2021).

Tonang menjelaskan, larutan NaCl membersihkan virus yang sudah mati berikut sel-sel yang telah mati. Namun, virus yang masih hidup di dalam sel tidak terbunuh.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved