Breaking News:

Berita Slawi

Foto-foto Sepinya Masjid Agung Kabupaten Tegal dan Masjid Al-Hajj, Idul Adha di Masa PPKM Darurat

Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terlebih saat ini masih dalam masa PPKM.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: rival al manaf

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terlebih saat ini masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal ini bisa terlihat di Masjid Agung Kabupaten Tegal yang biasanya penuh oleh jemaah terlebih di hari raya besar, Selasa (20/7/2021) pagi terpantau sepi dan tidak ada aktivitas Salat Idul Adha.

Petugas pengamanan pun terlihat berjaga di pintu depan masjid, beberapa titik pintu masuk ke area masjid juga ditutup dengan menggunakan papan kayu bewarna putih dan traffic cone (kerucut lalu lintas yang bewarna orange).

Baca juga: Sinopsis Marauders Bioskop Trans TV Pukul 21.30 WIB Aksi Perampok Bank

Baca juga: Sinopsis Indiana Jones and the Temple of Doom Bioskop Trans TV Jam 19.30 WIB Indy Tuntaskan Misi

Baca juga: Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 117 118 119 120 121 122 123 124 125 dan 126

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta RCTI Selasa 20 Juli Pukul 19.30 WIB Elsa Semakin Tersudutkan

Suasana di area Masjid Agung Kabupaten Tegal yang terlihat sepi karena tahun ini tidak menyelenggarakan salat Idul Adha, Selasa (20/7/2021).
Suasana di area Masjid Agung Kabupaten Tegal yang terlihat sepi karena tahun ini tidak menyelenggarakan salat Idul Adha, Selasa (20/7/2021). (Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika)

Ada beberapa warga yang kedapatan mendatangi masjid karena mengira menyelenggarakan Salat Idul Adha, namun karena memang tahun ini tidak mengadakan sehingga petugas memberikan pengertian dan warga pun akhirnya kembali ke rumah masing-masing.

Seperti yang diketahui, pada perayaan Idul Adha tahun 1442H/2021 ini, Masjid Agung Kabupaten Tegal meniadakan kegiatan salat.  

Adapun keputusan tersebut diambil menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI nomor 17 tahun 2021 mengenai peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran, Salat Idul Adha, dan petunjuk teknis pelaksanaan kurban tahun 1442 H, di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Ketua Yayasan Masjid Agung Kabupaten Tegal, Hasan Munawar menjelaskan, pihaknya mengikuti aturan pemerintah untuk tidak menyelenggarakan Salat Idul Adha di masjid dan menganjurkan masyarakat melangsungkan di rumah saja.

Terkait peniadaan Salat Idul Adha di Masjid Agung Kabupaten Tegal, pihaknya berkoordinasi dengan Kemenag Kabupaten Tegal

"Tahun ini, kami tidak menyelenggarakan salat idul adha di Masjid Agung Kabupaten Tegal. Nantinya pintu masuk akan kami tutup," ujar Hasan, saat ditemui Tribunjateng.com, belum lama ini.

Sementara itu, Koordinator Security Masjid Agung Kabupaten Tegal, Sukron mengatakan, sejak ia berjaga di area depan masjid beberapa warga ada yang datang karena mengira melaksanakan salat idul adha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved