Breaking News:

Berita Internasional

Kurt Westergaard, Seniman Denmark Pembuat Karikatur Nabi Muhammad, Meninggal Dunia

Kurt Westergaard, ilustrator yang terkenal karena membuat karikatur Nabi Muhammad SAW, meninggal dunia.

Editor: M Syofri Kurniawan
AFP PHOTO/ODD ANDERSEN
Kartunis Denmark, Kurt Westergaard, saat memberikan pidato setelah menerima Hadiah M100 Media 2010 pada 8 September 2010 di Postdam, timur Jerman. Westergaard menjadi sosok kontroversial setelah menciptakan dan mengunggah kartun Nabi Muhammad pada 2005. 

TRIBUNJATENG.COM, KOPENHAGEN - Kurt Westergaard, ilustrator yang terkenal karena membuat karikatur Nabi Muhammad SAW, meninggal dunia.

Seniman Denmark itu mengembuskan napas terakhir dalam tidurnya setelah cukup lama mengalami masalah kesehatan, Minggu (18/7/2021).

Westergaard meninggal di usia 86 tahun, demikian dilaporkan oleh surat kabar Berlingske dikutip dari France 24. 

Baca juga: Sejarah saat Presiden Soekarno Menangis, Harus Tandatangani Surat Hukuman Mati untuk Sahabatnya

Westergaard merupakan illustrator dari 12 gambar kartun Nabi Muhammad yang dipublikasikan oleh surat kabar Jyllands-Posten.

Kartun kartun tersebut dibuat sebagai bagian dari tajuk utama surat kabar tersebut yang berjudul “Wajah dari Muhammad”, pada September 2005.

Kartun tersebut berujung pada kemarahan komunitas muslim dunia, mengingat penggambaran wajah Nabi Muhammad merupakan sesuatu yang dilarang oleh Islam.

Awalnya, keberadaan kartun tersebut sempat tak disadari, namun dua pekan kemudian demonstrasi menentang hal itu terjadi di Kopenhagen.

Para duta besar dari negara-negara Islam di Denmark pun ikut melakukan protes atas kemunculan kartun tersebut.

Puncaknya terjadinya serangan terhadap Kedutaan Besar Denmark di negara-negara Islam pada 26 Februari dan puluhan orang tewas dalam kerusuhan.

Nyawa Westergaard sendiri sempat terancam, setelah kepolisian Denmark menangkap seorang pemuda Somalia berusia 28 tahun dengan pisau di depan rumahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved