Breaking News:

PPKM Darurat

Swalayan ADA dan Luwes Pati Boleh Buka Masa Perpanjangan PPKM Darurat

Dua pusat perbelanjaan terbesar di Pati, yakni Pasar Swalayan ADA dan Luwes, diizinkan untuk kembali buka.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Suasana Pasar Swalayan ADA Pati, Rabu (21/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dua pusat perbelanjaan terbesar di Pati, yakni Pasar Swalayan ADA dan Luwes, diizinkan untuk kembali buka pada masa perpanjangan PPKM Darurat, yakni mulai hari ini, Rabu (21/7/2021).

Sebelumnya, dua pasar swalayan tersebut tutup mulai 3 hingga 20 Juli.

Bupati Pati Haryanto menjelaskan, pada masa perpanjangan hingga 25 Juli mendatang, istilah yang digunakan di Pati ialah PPKM level 4.

Meski berganti istilah, pelaksanaannya tidak jauh berbeda dibanding PPKM Darurat. Hanya ada sedikit perbedaan, di antaranya pelonggaran untuk pusat perbelanjaan.

“Kami longgarkan untuk Swalayan ADA dan Luwes. Kami berikan kesempatan mulai hari ini untuk buka. Namun, hanya untuk penjualan bahan pokok dan obat-obatan. Sedangkan untuk barang kebutuhan yang lain belum diperkenankan," ungkap Haryanto saat diwawancarai awak media di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (21/7/2021).

Batas jam operasional disamakan dengan jam malam untuk pertokoan dan tempat makan, yakni pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Tribunjateng.com pada Rabu sore, Pasar Swalayan ADA memang hanya membuka bagian supermarket yang menjual bahan pokok. Sementara bagian departement store yang menjual pakaian dan aksesoris ditutup. Bahkan barang dagangannya disimpan, tidak dipajang.

"Sedangkan ketentuan untuk tempat makan masih sama seperti sebelumnya. Hanya diizinkan take away atau dibungkus. Kemudian untuk sektor lain seperti pendidikan, pariwisata, maupun tempat ibadah ketentuannya juga masih sama. ADA Swalayan dan Luwes kami beri kelonggaran karena menyediakan kebutuhan bahan pokok sekaligus obat," jelas dia.

Haryanto mengatakan, pihaknya akan segera membuat Instruksi Bupati yang mengatur ketentuan teknis PPKM Level 4. 

"Namun, pada intinya semua sama, hanya saja ada pelonggaran untuk pusat perbelanjaan," tandas dia. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved