Forum Kampus

Forum Kampus Angela Pramasdwita : Membangun Happiness Selama #DIRUMAHAJA

PANDEMI masih berlangsung hingga kini dan belum tahu kapan selesai. Kondisi ini mengakibatkan mayoritas pekerja beraktivitas

Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Ilustrasi 

Oleh Angela Pramasdwita
Mahasiswa Magister Sains Psikologi Unika Soegijapranata

PANDEMI masih berlangsung hingga kini dan belum tahu kapan selesai. Kondisi ini mengakibatkan mayoritas pekerja beraktivitas di rumah saja.

Demikian juga aktivitas warga lebih banyak #dirumahaja. Aktivitas yang dilakukan di rumah saja menjadi sangat terbatas dan perlu banyak penyesuaian.

Selain itu, orang-orang harus mulai terbiasa untuk tidak bersosialisasi secara tatap muka dengan orang lain agar angka penularan Covid-19 terus menurun dan melandai.

Tentunya, keadaan ini membuat kebanyakan orang merasakan kejenuhan yang akhirnya bisa berujung ke perasaan hampa, kesepian, dan ketidakbahagiaan. Padahal, rasa "bahagia" ini sangat dibutuhkan terutama di masa pandemi.

Apa arti kebahagiaan

Menurut Seligman (2002) satu di antara tokoh psikologi, kebahagiaan adalah perasaan atau emosi positif yang membuat seseorang cenderung melakukan perbuatan-perbuatan positif.

Menurutnya, kebahagiaan itu terdiri dari tiga hal, yakni kehidupan yang menyenangkan (pleasant life), kehidupan yang bermakna (meaningful life), dan keterlibatan diri (engaged life).

Berangkat dari pandangan tokoh psikologi ini, ada beberapa hal dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebahagiaan yang bisa berguna di masa pandemi ini.

Pleasant life

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved