Breaking News:

Berita Nasional

Kasus Harian Covid-19 di Jateng Tertinggi, Maruf Amin Minta Ganjar Optimalkan Penanganan di Hulu

Ma'ruf menilai tingginya kasus Covid-19 di Jateng lantaran kurang optimalnya penanganan di hulu yang mencakup kurangnya penegakkan protokol kesehatan

Editor: m nur huda
Dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin saat menjadi keynote speaker di acara 1st International Conference on Islamic Civilization (1st ICIC) yang digelar Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) secara daring, Kamis (27/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyoroti tingginya kasus Covid-19 di Jateng.

Data kasus covid-19 di Jateng menjadi salah satu provinsi penyumbang kasus harian tertinggi di Indonesia.

Ma'ruf menilai tingginya kasus Covid-19 di Jateng lantaran kurang optimalnya penanganan di hulu yang mencakup kurangnya penegakkan protokol kesehatan serta minimnya tes, pelacakan, dan perawatan (tracing, testing, treatment) atau 3T.

Dampak kondisi di hilir yakni rumah sakit, kesulitan dalam menangani lonjakan pasien Covid-19 yang datang tiba-tiba.

"Yang hilir itu adalah akibat dari penanganan hulu yang belum tepat, akibatnya maka rumah sakit kekurangan tempat, kekurangan oksigen," kata Ma'ruf saat memberikan pengarahan kepada Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah melalui konferensi video, Jumat (23/7/2021).

"Kekurangan tenaga kesehatan, kekurangan ruang isolasi (dan) ICU, ini semua karena penanganan di hulu ini kurang pas, karena memang hilir itu akan sangat ditentukan oleh hulu," lanjut dia.

Ma'ruf mengatakan, berapapun jumlah solusi di hilir seperti ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR), obat-obatan, ruang isolasi, dan ICU untuk pasien Covid-19 tidak akan pernah cukup, apabila masalah di hulu tidak di atasi.

Masalah yang ia maksud yakni kurangnya kepatuhan protokol kesehatan, kurang optimalnya pelaksanaan testing, tracing dan treatmet (3T), serta vaksinasi.

"Berapa pun di hilir itu kita sediakan tidak akan bisa (mencukupi), kalau hulu-nya tak tertangani dengan baik," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah terus mengoptimalkan penanganan di hulu guna mencegah penularan Covid-19 khususnya di wilayah padat penduduk.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved