Breaking News:

Berita Kendal

Pemkab Kendal Segera Miliki Rusunawa Senilai Rp 18,29 Miliar

Pemerintah Kabupaten Kendal kembali membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Sejumlah pekerja sedang membangun rusunawa untuk masyarakat belum punya rumah di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal, Senin (26/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal kembali membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal pada 2021.

Pembangunan dilakukan selama 8 bulan dengan anggaran dari APBN senilai Rp 18,29 miliar yang ditarget selesai Desember nanti.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kendal, Noor Fauzie mengatakan, pembangunan rusunawa ini nantinya diperuntukkan bagi masyarakat yang belum punya rumah (MBR).

Artinya, masyarakat Kendal yang sudah berkeluarga namun masih tinggal satu atap dengan orangtua atau keluarga lain berhak menempati fasilitas di dalam rusunawa sebagai tempat tinggal sementara dengan sistem sewa.

Noor Fauzi menerangkan, Rusunawa ini merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Direktorat Jenderal Perumahan Republik Indonesia.

Pembangunan rumah susun untuk masyarakat MBR ini sudah dimulai sejak pertengahan April lalu, dan ditarget selesai pada akhir tahun. 

Rencananya,  rusunawa akan berdiri dengan 3 lantai yang terdiri dari 44 kamar. Anggaran pembangunan diambil dari anggaran pendapatan belanja nasional (APBN) senilai Rp 18,29 miliar dengan penyedia lahan oleh pemerintah daerah.

"Saat ini, pembangunan sudah jalan. Nanti setelah bangunan fisik selesai, sebelum digunakan ada pemeliharaan bangunan selama 360 hari," terangnya, Senin (26/7/2021).

Pembangunan rusunawa ini berdampingan dengan 3 rusunawa lain yang sudah terbangun 100 persen.

Satu rusunawa sudah dihuni oleh masyarakat kurang mampu, sedangkan satu rusunawa lain masih dimanfaatkan sebagai rumah sakit darurat Covid-19 (RSDC).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved