Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kampus Kemanusiaan, UMP Purwokerto Gelar Vaksinasi Massal untuk Lintas Agama

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah mengagendakan pelaksanaan vaksinasi massal untuk 5 ribu orang.

Editor: abduh imanulhaq
UMP PURWOKERTO
Rektor UMP saat jumpa pers bersama Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono pada Senin (26/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah mengagendakan pelaksanaan vaksinasi massal untuk 5 ribu orang pada 23-26 Agustus mendatang.

Yang menarik, vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi seluruh umat beragama sesuai salah satu visi UMP sebagai kampus kemanusiaan.

Menurut Rektor UMP Jebul Suroso vaksinasi yang direncanakan pada akhir Agustus itu tidak hanya diperuntukkan warga UMP maupun Muhammadiyah.

Namun juga organisasi Islam lain, termasuk warga non-Islam.

"Kami telah buatkan formulir pendaftarannya secara daring namun dalam waktu sembilan jam langsung penuh, sehingga pendaftaran ditutup karena sudah memenuhi kuota. Oleh karena menggunakan sistem, tidak ada diskriminasi. Bahkan kalau kami perhatikan, yang Muhammadiyah dengan yang umum itu porsinya jauh lebih banyak peserta umum,” ujar Rektor saat jumpa pers bersama Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono pada Senin (26/7/2021).

Rektor saat jumpa pers bersama Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono pada Senin (26/7/2021).
Rektor saat jumpa pers bersama Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono pada Senin (26/7/2021). (IST)

Menurutnya, vaksinasi massal tersebut dilaksanakan karena memang cakupan vaksinasi di Banyumas masih belum terlalu tinggi.

“Angka vaksinasi di Banyumas dan capaian vaksin secara umum memang belum terlalu tinggi. Atas dasar itulah, pihaknya berkoordinasi dan berdiskusi dengan Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) hingga akhirnya mendapatkan alokasi vaksin 5 ribu dosis dari Kementerian Kesehatan,” ujar Rektor.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono menyampaikan terima kasih kepada UMP yang telah berinisiatif untuk membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Banyumas.

“Teknis pelaksanaan vaksinasi harus diatur supaya tidak terjadi kerumunan,”katanya.

Ketua Satgas Covid-19 UMP Umi Solikhah mengatakan, pelaksanaan vaksin direncanakan selama 4 hari mulai 23 sampai 26 Agustus 2021

"Untuk teknisnya karena 5.000 ini tidak sedikit maka kami buat dalam 4 hari di Auditorium Ukhuwah Islamiyah yang luas,” tambahnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved