Breaking News:

Berita Internasional

Kapal Induk Inggris HMS Queen Elizabeth Sudah Tiba di Singapura, Abaikan Ancaman China

Kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth telah tiba di Singapura yang sebelumnya pada Selasa (27/7/2021), melewati perairan Laut China Selatan.

Editor: m nur huda
AFP
HMS Queen Elizabeth akan bergabung dalam penempatan perdananya oleh dua kapal perusak, dua fregat, sebuah kapal selam nuklir dan dua kapal logistik dari Royal Navy. 

TRIBUNJATENG.COM, SINGAPURA – Kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth telah tiba di Singapura yang sebelumnya pada Selasa (27/7/2021), melewati perairan Laut China Selatan.

HMS Queen Elizabeth, kapal induk terbaru Inggris tersebut tetap melanjutkan misinya meski China sudah berulangkali memberikan peringatan.

Masuknya kapal induk Inggris ke Laut China Selatan tersebut merupakan ketegangan terbaru antara China dengan Inggris termasuk sekutunya seperti Amerika Serikat (AS) dan Australia.

Misi HMS Queen Elizabeth tersebut juga telah menghidupkan kembali perdebatan tentang klaim China atas perairan yang kaya sumber daya tersebut.

Baca juga: Inggris Tempatkan 2 Kapal Perang Permanen di Asia, Akan Berangkat Lewati Laut China Selatan

Baca juga: AS Keluarkan Ancaman: Jangan Coba-coba Menyerang Filipina di Laut China Selatan

Baca juga: Indonesia & Amerika Serikat Bangun Pusat Pelatihan Maritim di Batam Guna Amankan Laut China Selatan

Baca juga: AS dan China Kerahkan Kapal Induk ke Laut China Selatan

Melansir Newsweek, Beijing berulangkali mengeklaim sebagian besar Laut China Selatan.

Namun, klaim tersebut ditolak oleh Mahkamah Internasional pada 2016.

Mahkamah Internasional di Den Haag lantas mengizinkan AS, Inggris, dan Australia untuk melakukan operasi kebebasan navigasi rutin di beberapa lokasi di Laut China Selatan.

Berdasarkan keputusan tahun 2016 tersebut, kapal Inggris mengabaikan peringatan Beijing dan memasuki Laut China Selatan untuk melakukan operasi maritimnya di Laut China Selatan.

Pada Selasa, Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan bahwa misi tersebut merupakan latihan untuk memajukan interoperabilitas dan koordinasi antara angkatan laut Inggris dan Singapura.

“Dibangun di atas kemitraan pertahanan yang dalam dan telah berlangsung lama antara Inggris dan Singapura,” ujar Kementerian Pertahanan Inggris tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved