Breaking News:

Penanganan Corona

KRI dr Soeharso Akan Berada di Semarang Hingga Terpenuhinya Kebutuhan Oksigen di Jawa Tengah

KRI Soeharso akan terus berada di Pelabuhan Tanjung Emas hingga terpenuhinya suplai oksigen di Jawa Tengah

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - TNI Angkatan Laut (AL) datangkan kapal bantu rumah sakit KRI dr Soeharso-990 di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,Rabu (28/7/2021).

Kapal bantu di bawah jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada II berlabuh di demarga Samudera 02 mempunyai misi membantu pemenuhan kebutuhan oksigen di Jawa Tengah. 

KRI Soeharso akan terus berada di Pelabuhan Tanjung Emas hingga terpenuhinya suplai oksigen di Jawa Tengah.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal), Kolonel Laut (P) Nazarudin mengatakan KRI dr Soeharso merupakan jenis kapal rumah sakit.

Tujuan kapal ini bersandar adalah membantu masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya memenuhi kebutuhan oksigen khususnya di rumah sakit.

"Kapal ini dalam sehari bisa memproduksi 20 tabung oksigen dimana satu tabung berukuran 6 ribu liter," ujarnya.

Menurutnya dalam proses distribusi oksigen, TNI AL telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan.

Sejumlah anggota TNI AL dan TNI AD sedang mempersiapkan pengisian oksigen dengan menggunakan kapal KRI dr. Soeharso - 990 dari Surabaya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/7/21). Pengisian tabung oksigen untuk persediaan Rumah Sakit di Semarang akan di mulai sekitar pukul 13.00 WIB dibantu Dinas Kesehatan Kota Semarang.
Sejumlah anggota TNI AL dan TNI AD sedang mempersiapkan pengisian oksigen dengan menggunakan kapal KRI dr. Soeharso - 990 dari Surabaya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/7/21). Pengisian tabung oksigen untuk persediaan Rumah Sakit di Semarang akan di mulai sekitar pukul 13.00 WIB dibantu Dinas Kesehatan Kota Semarang. ((Tribun Jateng/Hermawan Handaka))

"Nanti akan dikoordinir dengan Dinas Kesehatan. Nanti yang membutuhkan dapat mendaftarkan di Dinas Kesehatan dan nanti akan diatur jadwal pengisian di KRI," jelasnya.

Dikatakannya, KRI Soeharso akan berada di Kota Semarang hingga terpenuhinya kebutuhan oksigen di Jawa Tengah. 

Saat ini Indonesia mempunyai dua kapal perang jenis rumah sakit yang bisa menproduksi oksigen yaitu KRI dr Soeharso saat ini berada di Semarang dan 1 KRI lagi berada di Surabaya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved