Berita Jateng

3 Tahun Berturut-turut Jawa Tengah Juara Arsip Nasional

Prijo menceritakan pencapaian Jateng yang selama tiga tahun berturut-turut paling unggul dibandingkan provinsi lain dalam hal arsip.

Dokumentasi pribadi
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro Budi Rahardjo. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Arsip harus dikelola dengan baik. Ketika dibutuhkan, harus mudah ditemukan.

Oleh karena itu, arsip hendaknya dikelola dengan efektif dan modern menggunakan sistem digital.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro Budi Rahardjo sebelum pembacaan surat keputusan terkait pengangkatan jabatan yang dipimpin Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Jumat (30/7/2021).

Prijo Anggoro selanjutnya akan diangkat menjadi Pustakawan Ahli Utama pada Dinas Arpusda Jateng berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 28/M Tahun 2021.

Prijo menceritakan pencapaian Jateng yang selama tiga tahun berturut-turut paling unggul dibandingkan provinsi lain dalam hal arsip, khususnya pengawasan dan tata kelola arsip.

"Jateng juara nasional tiga tahun berturut-turut. Mengalahkan provinsi lain. Yakni pada 2018, 2019, dan 2020. Yang 2021 diumumkan juaranya pada 2022. Terimakasih Pak Ganjar yang telah memberikan kepercayaan kepada kami," kata Prijo.

Melalui pengawasan kearsipan, diharapkan dapat mewujudkan percepatan ketersediaan arsip yang otentik, utuh, dan terpercaya.

Berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2020, yang diumumkan Juni lalu, capaian nilai tertinggi kategori pemerintah daerah provinsi adalah Provinsi Jawa Tengah dengan nilai 92,08.

Sedangkan kategori pemerintah daerah kabupaten/kota juga dari Jateng, yakni Kabupaten Kebumen dengan nilai 98,35.

Prijo menceritakan lantaran seringnya juara di bidang arsip, Jateng kerap dijadikan lokasi studi banding provinsi lain.

Pembenahan pengawasan dan tata kelola arsip merupakan upaya menuju satu arsip autentik untuk Indonesia maju. Sehingga, dapat mendukung public trust, memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat, khususnya untuk memperoleh informasi kearsipan.(mam)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved