Breaking News:

Berita Batang

PMI Batang siap Layani Donor Darah Plasma Konvalesen

Palang Metah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang siap melayani donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan plasma darahnya.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
PMI Batang
Kepala Laboratorium UDD PMI Batang, Isbandiah. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Palang Metah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang siap melayani donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan plasma darahnya.

Kepala Laboratorium UDD PMI Batang, Isbandiah mengatakan pelayanan donor plasma konvalesen masih secara konvensional.

Pasalnya, PMI Batang masih belum memiliki alat apheresis atau alat memisahkan antara sel darah merah, sel darah putih, trombosit dan plasma konvalesen

"Pelayanan masih dilakukan secara manual, pengambilan plasma darah konvalesen ada dua metode, yakni apheresis dan konvensional di kami sementara bisa melayani donor darah plasma konvalesen secara konvensional," tuturnya, Jumat (30/7/2021).
 

Isbandiah menjelaskan SDM PMI Batang sudah mampu pengambilan plasma darah konvalesen namun pihak rumah sakit di Batang belum ada permintaan.

"Sosialisasi sudah dilakukan ke rumah sakit yang ada di Batang, bahwa kita mampu pengambilan plasma darah konvalesen t sampai dengan sekarang belum ada rumah sakit di Batang yang memintanya," jelasnya. 

Dijelaskanya, untuk saat ini yang baru dijalankan PMI Batang pre donor atau skrining pendonor penyintas Covid-19. 

"Setelah lolos pre skrining lalu pemeriksaan golongan darah A, B, O dan rhesus, pemeriksaan skrining antibody, pemeriksaan uji saring IMLTD terhadap HIV, HbsAg, HCV, syphilis dan Titer antibody," jelasnya. 

Setelah itu, penodonor darah plasma konvalesen penyitas Covid-19 dirujuk dengan membawa hasil terer antibody ke rumah sakit rujukan yang meminta seperti RSUP Karyadi Semarang. 

PMI Batang juga sudah memilik data penyintas Covid-19 yang siap melakukan donor plasma darah konvalesen dengan golongan darah A,O dan B. 

"Penyintas Covid-19 di Batang banyak yang ingin mendonorkan tapi karena kendala kita tidak memiliki alat seperti  freezer, shok dan thawing sehingga kita tidak berani menstok plasma darah konvalesen, untuk sekarang  data sudah kami himpun yang bersedia donor jika ada yang butuh kita tinggal panggil saja," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved