Breaking News:

Berita Tegal

100 Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tegal terus digencarkan, selain tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, dan lansia, kali ini menyasar t

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: m nur huda

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tegal terus digencarkan, selain tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, dan lansia, kali ini menyasar teman-teman penyandang disabilitas fisik, tuli, tunanetra, dan lain-lain. 

Kegiatan vaksinasi massal yang menyasar penyandang disabilitas ini, merupakan program dari Anggota komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal

Selain vaksinasi bagi penyandang disabilitas yang berlokasi di halaman rumah produksi difabel kreatif, Kemayaran, Tembok Banjaran, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, kegiatan vaksinasi ini juga berlangsung di sembilan lokasi lainnya sehingga total ada 10 titik.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Mental di Kudus Kangen Keluarga di Lampung

Baca juga: Jateng Dapat Alokasi Khusus Vaksin Sinopharm untuk 69.840 Penyandang Disabilitas

Baca juga: Penyandang Disabilitas Mental di Pati Buka Dapur Umum, Rebus Ribuan Telur Tiap Hari untuk Nakes

Baca juga: Hebat! Lukisan Rahma Gadis Difabel Banjarnegara Mejeng di Pameran Seni Rupa Jogja Disabilitas Art

10 titik tersebut di antaranya Desa Kepunduhan, Kramat, Tembok luwung, Pendopo Kecamatan Slawi, Kabunan, Dukuhwaru, Balaradin, Kesuben, Lebakgowah, dan khusus penyandang disabilitas di kantor difabel Kecamatan Adiwerna.

"Masing-masing lokasi ditargetkan 100 orang yang divaksin dan 200 orang di kantor difabel. Sedangkan khusus untuk teman-teman penyandang disabilitas sendiri yang akan divaksin tahap pertama sebanyak 100 orang dan 100 sisanya adalah masyarakat sekitar. Sehingga total keseluruhan hari ini yaitu 1.100 orang yang tervaksin," jelas DeAr, sapaan akrab Dewi Aryani, pada Tribunjateng.com, Sabtu (31/7/2021).

DeAr menyebut vaksinasi bagi masyarakat berkebutuhan khusus di Kabupaten Tegal baru yang pertama kali. 

Sehingga dalam proses pelaksanaannya dilakukan secara bertahap menyesuaikan dengan kuota yang tersedia.

Tahap pertama 100 orang, kedepannya berlanjut sehingga total penyandang disabilitas di Kabupaten Tegal sebanyak 12 ribu orang bisa tervaksin semuanya.

DeAr menjelaskan, proses vaksinasi sama seperti pada umumnya yaitu diawali proses skrining kesehatan, seperti tensi, pengecekan gula darah, dan lain-lain sampai yang bersangkutan bisa dipastikan layak vaksin atau tidak.

"Teman-teman disabilitas juga harus mendapatkan prioritas supaya segera terbentuk kekebalan tubuhnya dan aman dalam melaksanakan aktivitas sehari-sehari. Akan tetapi mereka tetap kami ingatkan bahwa disiplin prokes tetap menjadi kewajiban yang harus diperhatikan," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved