Breaking News:

Berita Pekalongan

25 Polisi Penyintas Covid-19 di Pekalongan Jalani Donor Plasma Konvalesen

Sebanyak 25 anggota Polres Pekalongan Kota penyitas Covid-19 melakukan donor plasma di aula Mapolres setempat.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sebanyak 25 anggota Polres Pekalongan Kota penyintas Covid-19 melakukan donor plasma di aula Mapolres setempat.

Kegiatan kemanusiaan ini dilakukan untuk membantu pasien Covid-19.

"Sebagai upaya nyata dan membantu pasien Covid-19 kami berkerja sama dengan PMI Kota Pekalongan, melaksanakan donor plasma konvalesen."

"Ini dilakukan guna menggugah simpati dan empati para penyintas Covid-19 untuk membantu saudara-saudara kita. Hari ini ada 25 anggota Polres Pekalongan Kota yang ikut donor plasma," kata Kasubag Humas Polres Pekalongan Kota AKP Suparji, Rabu (4/8/2021).

Menurut AKP Suparji, sebelum dilakukan donor plasma semua anggota penyitas tersebut dilakukan screening.

"Saat dilakukan screening, pendonor akan dilakukan verifikasi berkas, yaitu pengecekan data-data hasil riwayat tes swab virus corona," ujarnya.

Kepala UDD PMI Kota Pekalongan dr Ani Sri Rahayu mengatakan, pihaknya menyambut baik mengenai donor plasma konvalesen oleh anggota kepolisian penyintas Covid-19.

"Hari ini kami pengambilan sampel darah untuk para anggota polisi penyitas Covid-19. Ada 25 anggota Polres Pekalongan Kota yang mengikuti donor plasma," kata Kepala UDD PMI Kota Pekalongan dr Ani Sri Rahayu 

Pihaknya mengungkapkan, tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma darah konvalesen, sebab ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi seperti usia harus 18 tahun sampai 60 tahun, berat badan kurang lebih 55 kilogram, tidak ada riwayat penyakit yang sudah dinyatakan sembuh sesuai hasil tes PCR negatif dua kali berturut-turut.

"Kriteria pendonornya ini yaitu diutamakan laki-laki, kalau perempuan bisa tapi syaratnya belum pernah hamil, pendataan paling penting yaitu pendonor sudah sembuh dari Covid-19 sudah dua minggu atau tidak lebih dari dua bulan"

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved