Breaking News:

Berita Semarang

BRI Gelar Pameran Virtual BBI Lokal Keren Jatim

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar pameran virtual produk-produk Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jawa Timur (Jatim).

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Tangkap layar Virtual Press Conference Bangga Buatan Indonesia: Lokal Keren Jatim 2021, Rabu (4/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -Dalam mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar pameran virtual produk-produk Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jawa Timur (Jatim). Gelaran tersebut terangkum dalam tema "Lokal Keren Jatim" yang dapat diakses melalui laman http://lokalkerenjatim.id/.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menuturkan, BBI Lokal Keren Jatim digelar sebagai wujud dukungan BRI terhadap UMKM di Indonesia.

Menurutnya, UMKM ini memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian di Indonesia.

"Kami melihat UMKM penting karena merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data, ada lebih dari 60 juta pelaku UMKM yang mana di sini hampir 99 persen dengan kontribusi terhadap PDB sekitar 60 persen. Ini menjadi penting," kata dia saat Virtual Press Conference Bangga Buatan Indonesia: Lokal Keren Jatim 2021, Rabu (4/8/2021).

Di sisi itu, ia memaparkan, porsi UMKM di BRI sendiri mencapai jumlah minimal 80 persen dengan total Rp 750 triliun dari porsi kredit UMKM.

Dengan gelaran pameran secara virtual tersebut kata dia, diharapkan mampu menjembatani para pelaku UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Termasuk dengan memperluas pasar melalui platform digital.

 "Agustus ini momen yang pas setelah pembinaan bersama-sama dalam upaya menjembatani pasar. Kami juga ada program rumah BUMN untuk naik kelas dengan lebih dari 850 pelatihan secara rutin agar pada saat kondisi seperti sekarang ini UMKM selamat," imbuhnya.

Di sisi itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan, program yang diinisiasi BRI ini seiring dengan langkah pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung UMKM. Terlebih di masa pandemi ini, menurutnya, pihaknya akan terus mendorong dan memfasilitasi para pelaku UMKM agar memasarkan produk lebih luas di antaranya melalui marketplace.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved