Breaking News:

Berita Karanganyar

Pemkab Karanganyar Akan Sediakan Sarana Hiburan Supaya Pasien Isoter Tidak Jenuh

Sarana hiburan bakal disediakan di tempat isolasi terpusat bertempat di Gedung Wanita.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Anggota Satpol PP melakukan menempel nomor urut pada tempat tidur yang nantinya digunakan pasien positif Covid-19 dengan status OTG selama menjalani isolasi di Gedung Wanita Karanganyar, Rabu (4/8/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sarana hiburan bakal disediakan di tempat isolasi terpusat bertempat di Gedung Wanita supaya para pasien yang menjalani isolasi terpusat tidak merasa jenuh. 

Tempat isolasi terpusat di Gedung Wanita memiliki kapasitas 150 orang. Dari pantauan di lokasi terlihat tempat tidur sudah tertata rapi dengan pembatas sekat di tengah gedung. Akan tetapi tempat isolasi terpusat itu belum ditempati pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status OTG hingga Rabu (4/8/2021) siang.

Kepala Satpol PP Karanganyar, Yophy Eko Jati Wibowo menyampaikan, tempat isolasi terpusat tersebut akan dilengkapi sarana hiburan supaya pasien tidak merasa jenuh dan bosan selama menjalani isolasi. Seperti LCD TV dan senam pagi. 

"Kalau mengacu arahan memang kami diarahkan untuk menyiapkan hiburan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com.

Namun terkait bentuk hiburan lain bagi pasien isolasi masih akan dikoordinasikan dengan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar.

Hingga saat ini Pemkab Karanganyar telah menyiapkan dua tempat isolasi terpusat di BLK Karangpandan dan Gedung Wanita. Adapun pemerintah desa di Kabupaten Karanganyar juga telah menyiapkan tempat isolasi terpusat di masing-masing wilayah. 

Sementara itu, Kalakhar BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto mengatakan, persiapan sudah dilakukan mulai dari penyediaan fasilitas seperti kamar mandi, pembuangan limbah, termasuk personil yang ditugaskan baik itu pengamanan dan tenaga kesehatan.

Dia menuturkan, penyediaan tempat isolasi terpusat di Gedung Wanita ini juga mengantisipasi manakala tempat isolasi terpusat di BLK Karangpandan penuh. Lebih lanjut, tentu tidak semua pasien Covid-19 menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat. 

"Ada kriterianya, misal di rumah ada lima orang anggota keluarga, dua orang terkonfirmasi. Supaya tidak menyebar diisolasi di sini," ungkapnya. 

Sundoro menjelaskan, dengan adanya tempat isolasi terpusat diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari kontak erat keluarga. 

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, tercatat ada 1.188 kasus aktif positif Covid-19 hingga Selasa (3/8/2021). Dari jumlah tersebut 313 menjalani rawat inap dan 875 menjalani isolasi mandiri. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved