Breaking News:

IT Telkom Purwokerto

Sihutla Karya Sentra Inovasi ITTP Purwokerto, Monitoring Kebakaran Hutan dan Lahan

Sentra Inovasi IT Telkom Purwokerto berkomitmen untuk terus melakukan berbagai terobosan untuk menciptakan alat tepat guna.

Editor: abduh imanulhaq
IT TELKOM PURWOKERTO
Sihutla karya Sentra Inovasi IT Telkom Purwokerto 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Sesuai namanya, Sentra Inovasi IT Telkom Purwokerto berkomitmen terus melakukan berbagai terobosan untuk menciptakan alat tepat guna.

Kali ini mereka berhasil menciptakan SiHutla atau Forest Fire Detection System (FFDS).

SiHutla merupakan sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan berbasis IoT (Internet of Things) sebagai solusi yang dapat diimplementasikan dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan potensi dini adanya hotspot. 

Dihimpun dari SiPongi Karhutla Monitoring Sistem (sipologi.menlhk.go.id), dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini, data menunjukkan telah terjadi peningkatan intensitas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia.

Puncaknya terjadi pada 2019, dimana lahan seluas 1.649.258 Ha mengalami kerusakan akibat kebakaran hutan. 

Tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan terjadi terus menerus, sehingga perlu adanya upaya cepat dan nyata dalam menanggulanginya.

Salah satu upaya pemerintah lewat hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama dengan Presiden Joko Widodo yang membahas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2021. 

Hasilnya, Presiden memberikan enam perintah kepada seluruh elemen negara, yaitu Memprioritaskan upaya pencegahan, Infrastruktur pemantauan dan pengawasan hingga tingkat bawah, Mencari solusi permanen untuk mencegah dan menangani karhutla di tahun mendatang, Penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut harus terus dilanjutkan, Tanggap dalam pengendalian titik api agar penanganan tidak terlambat, dan Penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi terhadap pelaku pembakaran. 

Didasari keprihatinan atas maraknya kebakaran hutan dan lahan serta perintah Presiden, tim Sentra Inovasi ITTP yang diketuai Sigit Pramono, S.T., M.T tergerak menciptakan alat inovatif yang menerapkan prinsip Internet of Things (IoT), yang dinamai SiHutla. 

Tim ini terdiri dari dua orang dosen FTTE dan empat orang mahasiswa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved