Breaking News:

Berita Viral

ACT Ciptakan Humanity Food Bus, Bus Disulap Jadi dapur, Salurkan Bantuan Pangan ke Seluruh Indonesia

Lembaga kemanusiaan Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat inovasi terbaru untuk penyaluran bantuan sosial

Penulis: Like Adelia | Editor: muslimah
dok ACT
Suasana di dalam Food Bus yang digagas oleh ACT 

TRIBUNJATENG.COM - Lembaga kemanusiaan Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat inovasi terbaru untuk penyaluran bantuan sosial.

Inovasi tersebut diberi nama “Humanity Food Bus”. 

Humanity Food Bus ini adalah solusi untuk proses pendistribusian makanan atau bantuan di setiap daerah ketika mengalami kesulitan.

Modifikasi bus penumpang menjadi ruangan dapur professional yang siap berkeliling ke seluruh Indonesia ini mungkin adalah yang pertama di Indonesia.

Dimana  konsep dan layout dari kitchen equipment Food Bus tersebut dipercayakan kepada Nayati bersama Restomart untuk mewujudkan tatanan yang fungsional dan efektif.

Sehingga semua unit bisa masuk kedalam Bus dengan area yang cukup untuk akses para Chef.

PIC Humanity Food Bus, Chef Joni Kusuma Hadi menyampaikan bahwa Food Bus ini adalah bentuk penyempurnaan dari beberapa unit yang sudah terlaksana. 

"Sebelumnya, sejumlah 5 Unit Food Truck juga menggunakan kelengkapan dapur dari Nayati dan Restomart. Food Bus dengan konsep seperti ini bisa jadi merupakan yang pertama di dunia," ucap Chef Joni Kusuma Hadi.

Biasanya, beberapa Food Bus yang telah ada  hanya dilengkapi dengan peralatan tertentu saja dan hanya mengolah makanan tertentu.

Namun di konsep Food Bus ini, proses Food Preparation, memasak dan penyajian semuanya bisa dilakukan dalam Bus. 

Mulai dari Fry Pan, Tepan/ Fry Top, Kompor High Pressure serta dilengkapi unit penunjang dapur lain seperti rak penyimpanan, Sink, sampai dengan Exhaust.

Jadi seperti menyulap Bus yang tadinya berfungsi sebagai alat trasnportasi menjadi sarana produksi pangan dengan porsi ribuan dan bisa bergerak dengan fleksibel serta sangat dekat dengan lokasi bencana. 

Dengan begitu para korban bencana menjadi tenang karena setidaknya ketakutan akan terjadinya kelaparan sudah teratasi. 

"Semoga Kerjasama yang sudah terjalin antara Nayati dan ACT tetap bisa berjalan baik dan juga bisa menciptakan inovasi – inovasi luar biasa lainnya di masa mendatang sehingga menjadi inspirasi dan solusi di bidang kemanusiaan khususnya para korban bencana alam dan wilayah-wilayah yang mayoritas masyarakatnya masih sering terjadi kelaparan," lanjut Chef Jon

Program Food Bus ini sudah berkeliling dari Ungaran, Jawa Tengah dan kini standby di Jakarta. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved