Breaking News:

Berita Semarang

Kepala Disdik Kota Semarang Minta PKBM Berinovasi

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang meminta pengelola pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) terus melakukan inovasi.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: galih permadi
TribunJateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang meminta pengelola pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) terus melakukan inovasi.

Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, inovasi perlu dilakukan agar PKBM dapat semakin menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Diharapkan, tidak ada warga yang tertinggal dalam pendidikan.

"Saya masuk ke Dinas Pendidikan pada 2018. Saat itu, pendidikan kesetaraan kurang mendapat perhatian, maka langsung saya benahi, saat ini Alhamdulillah sudah semakin berkembang,” ujar Gunawan usai membuka kegiatan Adaptasi dan Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan yang dilaksanakan PKBM Terang Bangsa bersama Korsetpen Semarang Utara, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, pendidikan kesetaraan di Kota Semarang sudah semakin berkembang. Terbukti dari prestasi yang diraih PKBM Kota Semarang serta pengakuan dari Kementrian Pendidikan dan Ristek.

Agar terus berkembang, dia mendorong PKBM terus melakukan inovasi dan bergerak bersama dengan stakeholder pendidikan lainnya. Misalnya, dengan menjaring penyandang disabilitas.

“Kalau di pendidikan formal ada sekolah inklusi, maka PKBM juga bisa sehingga bisa menjangkau seluruh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Gunawan, PKBM juga bisa melakukan koordinasi dengan pihak lain termasuk dengan jajaran kementerian.

Dia menyebutkan ada sekitar 31 PKBM di Kota Semarang. Jumlah itu dinilai telah mencukupi. Namun, jika masyarakat ingin mendirikan PKBM tentu tidak menjadi masalah sepanjang menenuhi syarat dan prosedur yang berlaku.

"Kalau ada warga yang ingin mendirikan PKBM silahkan. Setelah didirikan, jangan ditinggal begitu saja. Harus dikelola dengan baik," pintanya. (eyf)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved