Breaking News:

Berita Semarang

Kota Semarang Masih Membutuhkan Lebih Banyak Logistik Vaksin

Logistik vaksin covid Kota Semarang alami keterlambatan, membuat kebutuhan vaksin pada Agustus meningkat.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam, menjelaskan prosedur vaksinasi drive thru beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Logistik vaksin Covid 19 di Kota Semarang mengalami keterlambatan. Hal ini membuat kebutuhan logistik vaksin di Kota Semarang pada bulan Agustus meningkat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam mengatakan hasil zoom dengan Kemendagri dan Kemenkes,  kebutuhan alokasi vaksinasi di bulan Agustus 2021 pada tingkat nasional mencapai 78 juta. Namun alokasi kebutuhan vaksin mengalami keterlambatan seminggu.

"Artinya 78 juta vaksin ini nantinya angka alokasi di setiap kabupaten kota sangat tinggi. Nanti di bulan September jumlah sama sekitar 80 juta," ujarnya usai mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tinjau pelaksanaan vaksinasi Merdeka Candi yang dilaksanakan di Stadion Jatidiri, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, tingkat herd immunity di Kota Semarang untuk vaksin pertama mencapai 63 persen. Kemudian untuk vaksin kedua telah mencapai sekitar 31 hingga 32 persen.

"Untuk vaksin pertama sekitar 826 ribu dan vaksin kedua 411 ribu. Kalau dilihat perbandingannya separo. Jadi jika dilihat minimal vaksinasi 70 persen kurang 7 persen. Yang jadi masalah di Kota Semarang 32 persennya bukan warga ber KTP Semarang," ujar dia.

Menurutnya, agar dapat mencapai target minimal 70 persen , Pemkot Semarang menggelar vaksinasi di tingkat kelurahan, maupun mikro vaksinasi. 

"Dalam waktu sehari vaksinasi pertama yang diselenggarakan di Holly Stadium bisa mencapai 14 hingga 15 ribu sehari. Sisanya vaksin kedua. Kisarannya dalam waktu satu hari vaksin satu dan kedua bisa mencapai 20 ribu," jelasnya.

Dikatakannya, saat ini yang menjadi masalah di Kota Semarang adalah ketersedian vaksin. Pekan depan logistik vaksin mulai banyak berdatangan.

"Mulai tanggal (6/8), (7/8), dan (9/8) logistik vaksin mulai banyak berdatangan," tuturnya.

Ia menuturkan saat ini Kota Semarang mendapat tambahan dosis vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sekitar sekitar seribu vial. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved