Breaking News:

Berita Sragen

Luhut Beri Target Vaksinasi Corona di Sragen, Bupati Yuni: Kecil

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku vaksinasi 15 ribu per hari akan sangat mudah dilakukan

TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mendampingi Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan ketika kunker di Sragen, Kamis (5/8/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku vaksinasi 15 ribu per hari akan sangat mudah dilakukan, mengingat ada 208 desa dan kelurahan di Sragen.

Target tersebut diberikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan ketika kunker di Sragen, Kamis (5/8/2021).

Luhut juga memberikan target sebesar 75 persen capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi Soloraya di akhir bulan Agustus.

Lebih lanjut Bupati Yuni sapaan akrabnya itu menyampaikan pihaknya akan menggerakkan tim vaksinator di masing-masing Puskesmas.

Dimana satu Puskesmas terdiri dari empat tim, satu tim akan melakukan vaksinasi di satu desa. Satu desa akan ditarget 200 orang per hari.

"Kami di satu Puskesmas ada empat tim, satu tim bisa jalan ke satu desa.

Satu desa 200 orang bisa selesai dalam sehari, di Sragen ada 208 desa dan kelurahan. 15 ribu dalam sehari ya kecil," terang Yuni.

Dengan target 75 persen di akhir Agustus, Yuni memperkirakan 50 hari tergantung proses pengiriman vaksin ke Sragen. Dengan tersebut target herd immunity 700 ribu dari jumlah penduduk akan segera tercapai.

Yuni menerangkan dari tenaga medis (nakes) di Kabupaten Sragen memenuhi untuk melakukan capaian vaksinasi tersebut.

Selama ini, pihaknya melakukan vaksinasi secara mandiri. Artinya hanya dilakukan para Nakes RSUD maupun Puskesmas, belum menggerakkan para nakes di RS swasta.

"Dari sisi nakes memenuhi, saat ini kan masih mandiri belum minta bantuan RS swasta. RS swasta kan juga banyak nakesnya nanti kalau datang betul ya serentak kita gotong royong insyaallah selesai," kata Yuni optimis.

Yuni begitu sumringah dengan percepatan vaksin yang akan dilakukan di Kabupaten Sragen. Jika mencapai target 75 persen, Pandemi Covid-19 akan segera berubah status menjadi endemi.

Sementara untuk sasaran vaksinasi ini Yuni mengatakan akan merambah ke masyarakat umum dengan usia 12 tahun keatas. 

Untuk para Nakes yang akan disuntik vaksin tahap ketiga atau booster moderna, Yuni mengatakan besok pihaknya akan segera mengambil dosis. Sehingga besok pagi, pihaknya bisa mulai menyuntikkan. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved