Breaking News:

Berita Kesehatan

Manfaat Kencana Ungu: Bunga Antibakteri dan Daun Penghasil Polifenol Untuk Penderita Diabetes

Bunga Kencana Ungu (Ruellia tuberosa L) mungkin buat generasi old punya kenangan tersendiri. Buah kering kencana ungu sering dibuat mainan.

Editor: galih permadi
budi santoso/BKSDA Jateng
Bunga Kencana Ungu 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bunga Kencana Ungu (Ruellia tuberosa L) mungkin buat generasi old punya kenangan tersendiri. Buah kering kencana ungu sering dibuat mainan.

Dengan merendamnya di air, buah kencana ungu dapat pecah/meletup dan menimbulkan bunyi ‘pletek’.

Makanya selain disebut bunga kencana ungu (karena bunganya berwarna ungu) tumbuhan ini sering juga disebut bunga pletekan.

Ciri
Bunga Kencana Ungu atau pletekan berbentuk perdu, mempunyai daun berbentuk oval panjang meruncing, berwarna hijau, serta memiliki lebar lebih kurang seukuran jari tangan orang dewasa.

Batangnya berair, beruas, berwarna ungu, dan pada tiap ruas batang digunakan sebagai tempat tumbuhnya daun. Batang berbentuk segi empat dengan percabangan banyak dengan bulu halus di pinggir batang. Tinggi/panjang batangnya dapat mencapai sekitar 50-100 cm tergantung pada habitatnya tumbuh.

Bentuk bunga menyerupai terompet yang berwarna ungu, merah jambu, atau biru, dan ada pula yang bunganya berwarna putih. Buah berbentuk polong dengan biji kering yang sudah tua berwarna coklat kehitaman dan dapat meletup jika terkena air. Perakaran bunga ini tunggang dan memiliki buntil dibagian akarnya.

Manfaat

Esktrak etanol daun kencana ungu mengandung senyawa metabolit sekunder berupa saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan dan steroid. Uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun kencana ungu dengan konsentrasi 500 ppm dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Selain menghambat pertumbuhan bakteri, daun yang berasal dari family Acanthaceae ini juga mengandung polifenol.

Polifenol ini diketahui fungsinya dapat merangsang perbaikan sel-sel beta pada pankreas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved