Breaking News:

OPINI

OPINI Ridwan : Kelangkaan Kontainer Ekspor

KONTAINER adalah sebuah bentuk revolusi industri di bidang pengangkutan barang melalui laut. Sebelumnya, barang yang jauh dari pelabuhan dimuat langsu

Editor: Catur waskito Edy
OPINI Ridwan : Kelangkaan Kontainer Ekspor
Tribun Jateng
Ridwan

Oleh Ridwan
Wadir 1 Politeknik Bumi Akpelni
Ketua INSA Semarang

KONTAINER adalah sebuah bentuk revolusi industri di bidang pengangkutan barang melalui laut. Sebelumnya, barang yang jauh dari pelabuhan dimuat langsung ke dalam palka kapal. Setelah ada kontainer, barang yang akan diekspor cukup dikemas dalam kotak besi/baja tersebut lalu dimuat ke dalam kapal.

Lebih praktis. Kontainer berstandar internasional ukuran 20 feet (6M) atau 40 feet (12M) yang praktis untuk diangkut ke gudang eksportir sebelum dimuat ke dalam kapal. Penggunaan kontainer untuk ekspor impor sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam.

Sejak terjadi pandemi Covid-19 di dunia dan juga melanda Indonesia, berdampak pada kelangkaan petikemas atau kontainer yang akan digunakan untuk ekspor nonmigas ke Eropa dan Amerika.

Kelangkaan kontainer makin parah ketika negara-negara tujuan ekspor sedang lockdown. Dampak yang tampak, ada ribuan kontainer sampai di pelabuhan terpaksa menjadi "gudang sementara".

Sehingga perputaran kontainer yang biasa balancing (seimbang) antara masuk (in) dan keluar (out) tidak seimbang.

Akhirnya persediaan kontainer kosong di Indonesia makin sedikit. Kebutuhan kontainer untuk ekspor atau kirim barang ke luar negeri makin tidak tercukupi, sebagaimana telah dikeluhkan Apindo di Tribun Jateng, 21 Juli 2021.

Faktor utama penyebab kelangkaan kontainer adalah "congesti" atau kemacetan di berbagai pelabuhan international termasuk Singapura, terdampak kebijakan lockdown yang diterapkan oleh negara tujuan ekspor.

Pusaran Global

Pengusaha jasa pengangkutan atau pengusaha pelayaran menyesuaikan dengan pola perdagangan dunia yang mengacu kepada efisiensi dan ketepatan waktu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved