Breaking News:

Berita Kendal

Ganjar Dorong Pemerintah Daerah Lakukan Terobosan Vaksinasi Covid-19

Ganjar memastikan kepada para penerima vaksin sudah terlayani dengan baik dan mendapat kemudahan. Mulai dari pendaftaran, hingga pelaksanaan di lapang

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Saiful Masum
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan sidak vaksinasi massal di Stadion Utama Kendal Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal, Senin (9/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen Rudianto meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di sentra vaksinasi yang terletak di Stadion Utama Kendal, Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal.

Ganjar yang didampingi jajaran Forkopimda Jateng dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto memastikan kepada para penerima vaksin sudah terlayani dengan baik dan mendapat kemudahan. Mulai dari pendaftaran, hingga pelaksanaan di lapangan.

Ganjar mengatakan, dengan 10 gerai yang disiapkan, ia berharap dapat menyedot sebanyak mungkin masyarakat agar bisa divaksin segera mungkin. Dengan itu, masyarakat lebih terlindungi dari paparan Covid-19, sehingga aktivitas masyarakat akan semakin nyaman.

"Ada 10 lorong dalam satu lokasi. Mudah-mudahan lancar dan semakin banyak warga kita yang divaksin. Aktivitasnya nanti jauh lebih nyaman karena tubuh kita sudah terproteksi," terangnya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Senin (9/8/2021).

Ganjar mengapresiasi penuh kepada Pemerintah Kabupaten Kendal bersama jajaran Forkopimda yang sudah menggalakkan terobosan-terobosan dalam penanganan Covid-19. Seperti contoh sentra-sentra vaksinasi, posko sehat di pasar, dan membuat pasar tradisional percontohan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ia mendorong agar pemerintah daerah membuat terobosan-terobosan baru, terutama dalam hal vaksinasi dan penerapan prokes. Sehingga, nantinya aktivitas masyarakat bisa berjalan relatif lebih aman.

"Bersama Forkopimda sengaja kita datang untuk ditunjukkan satu tempat vaksin dan kita ditunjukkan pasar. Kemarin, pasar desainnya bagus. Kalau bisa kita replikasi, nanti seluruh pasar bisa diatur sehingga semua orang bisa melakukan aktivitas lebih aman,"

"Kalau ini bisa dijadikan contoh, ditiru yang lain, harapan kita replikasinya jauh lebih baik lagi. Sehingga, masyarakat akan merasakan aman, nyaman. Kalau orang biasanya bicara new normal atau adaptasi kebiasaan baru, harapan kita di dunia ekonomi, mereka bisa beradaptasi dengan cara itu," tuturnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menambahkan, selama ini proses pendaftaran vaksinasi massal dilakukan secara online. Melalui chat bot dan aplikasi online lainnya untuk menghindari kerumunan dan mencegah terjadinya klaster baru Covid-19.

Kata Dico, dengan percepatan yang dilakukan, kini capaian vaksinasi di Kabupaten Kendal sudah mencapai 16 persen atau 196.000 jiwa dari total target vaksinasi 1 jutaan warga. Hanya saja, percepatan vaksinasi di tingkat daerah masih terkendala stok vaksin yang terbatas. 

Ia berharap, pemerintah pusat bisa melakukan percepatan droping vaksin agar semakin banyak masyarakat yang tervaksin. 

"Kita terus lakukan percepatan vaksinasi, kita tunggu droping vaksin dari pusat. Nakes semua sudah siap, kendalanya di stok vaksin," tuturnya. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved