Breaking News:

Berita Pati

Lajnah Falakiyah Salafiyah Kajen Pati Diharapkan Tarik Minat Pemuda Pelajari Ilmu Falak

Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen telah secara resmi meluncurkan Lajnah Falakiyah Salafiyah.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: Daniel Ari Purnomo
Youtube MA Salafiyah Kajen Pati
Peluncuran Lajnah Falakiyah Salafiyah Kajen Pati via siaran langsung Youtube dan Zoom, Minggu (8/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen telah secara resmi meluncurkan Lajnah Falakiyah Salafiyah.

Peluncuran lembaga yang bergerak di bidang astronomi tersebut dilakukan secara virtual melalui webinar via Zoom dan siaran langsung melalui kanal Youtube MA Salafiyah Kajen, Minggu (8/8/2021).

Adapun webinar tersebut mengusung tema “Membumikan Ilmu Falak untuk Perkembangan Saintek bagi Remaja Milenial”.

Kepala Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen, KH Ulil Albab, mengatakan bahwa embrio falak di Salafiyah Kajen sudah ada sejak 1970, sehingga dirinya merasa terpanggil untuk menghidupkan kembali semangat belajar ilmu falak ini kepada generasi remaja milenial. 

Dua pemateri dihadirkan dalam webinar ini, yakn Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Profesor Thomas Djamaluddin serta pakar falak UIN Walisongo Semarang KH Ahmad Izzuddin.

Mengawali uraian materi, Thomas Djamaluddin menjelaskan makna “membumikan” dalam tema webinar. 
“Membumikan artinya membuat remaja milenial senang belajar ilmu falak,” ujar dia dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Senin (9/8/2021).

Sementara, anggota dewan pakar Lajnah Falakiyah Salafiyah Kajen, Abdul Mufid, menuturkan bahwa peluncuran lembaga ini tidak datang dari ruang hampa dan secara tiba-tiba, melainkan berpijak dari kegelisahan akademik para civitas akademika MA Salafiyah Kajen. 

“Kegelisahan akademik yang dimaksud adalah belum terserapnya wawasan ilmu falak di kalangan remaja milenia. Ilmu falak selama ini hanya diserap oleh kangan tua saja,” ungkap dia.

Dia berharap, Lajnah Falakiyah Salafiyah Kajen bisa menjadi pionir dan tempat rujukan pengetahuan falak yang berbasis digital di Pati dan di Indonesia pada umumnya. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved