Breaking News:

Berita Kendal

Pantai Indah Kemangi Kendal Siap Jadi Destinasi Wisata Internasional

Rosalina Ginting menuturkan Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi, Kangkung, Kendal siap menjadi destinasi wisata internasional.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Saiful Masum
Sejumlah pengunjung sedang berfoto di lokasi Pantai Indah Kemangi Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Ketua Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr Rosalina Ginting menuturkan Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi, Kangkung, Kendal siap menjadi destinasi wisata internasional.

Hal itu diungkapkan saat workshop pengembangan edupark Pantai Indah Kemangi. Pelatihan dengan tema PPDM The Sport and Agricultural Beach Pantai Indah Kemangi ini dilaksanakan secara virtual, Minggu (8/8/2021).

PPDM merupakan program perguruan tinggi bekerjasama dengan desa yang memiliki potensi wisata. Hal ini bertujuan untuk melaksanakan pengabdian pengembangan pariwisata di daerah.

"Pantai Indah Kemangi bisa terus menunjukkan pesona-pesona keindahan alam, budaya, dan pendidikan berwisata. Dengan begitu, Kendal akan memiliki potensi wisata, selain pegunungan juga pantai yang indah dan layak untuk menjadi destinasi unggulan di Jawa Tengah bahkan nasional," ucap Rosalina dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Sementara, Maftukhin Huda yang merupakan personel dari tim PPDM UPGRIS menuturkan, pengembangan edupark perlu diterapkan di Pantai Indah Kemangi.

Tidak hanya edupark, religi, serta outbound atau mancakrida yang menarik juga bisa meningkatkan kualitas dari destinasi Pantai Indah Kemangi.

"Selain itu, manajemen SOP dari semua bidang dalam pariwisata juga sangat diperlukan untuk kemajuan dan kelestarian pantai di Desa Jungsemi ini," ucapnya.

Pemateri pada workshop tersebut, Adi Prasetyo menuturkan bahwa pengembangan pariwisata harus melihat komponen produk wisata unggulan.

"Bagian unggulan di antaranya something to see (apa yang kita lihat), something to do (apa yang bisa kita lakukan), and something to buy (apa yang bisa kita beli)," ucap Adi.

Setelah ketiga komponen unggulan tersebut terpenuhi, lanjutnya, akan lebih menarik dan lebih mudah mengembangkan edupark Pantai Indah Kemangi.

Pemerintah Desa Jungsemi, Tim PPDM UPGRIS, dan juga pihak kecamatan mengupayakan dengan maksimal untuk meningkatkan potensi wisata yang ada.

Dukungan dari pemerintah desa, kabupaten hingga provinsi diharapkan terus mengalir sehingga pengembangan Pantai Jungsemi akan menjadi destinasi wisata yang membanggakan masyarakat Kendal.

"Kerjasama yang nyata telah dirasakan masyarakat Jungsemi dan sekitarnya. Harapan ke depan PPDM UPGRIS dan Pemerintah Desa Jungsemi bisa terus bekerjasama untuk meningkatkan potensi wisata, salah satunya yaitu edupark serta religi," tutur Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo.(mam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved